Tinjauan Penerapan Tata Letak pada Desain Brosur Pariwisata Sumatera Utara Milik Sedona Holidays Medan

Yenny Chandra Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui kesesuaian penempatan tata letak yang digunakan pada brosur wisata Sumatera Utara travel Sedona Holidays Medan tahun 2018-2020. 2) Untuk mengetahui kesesuaian pemilihan warna yang digunakan pada brosur wisata Sumatera Utara travel Sedona Holidays Medan tahun 2018-2020. 3) Untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip tipografi pada brosur wisata Sumatera Utara travel Sedona Holidays Medan tahun 2018-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 8 brosur pariwisata Sumatera Utara travel Sedona Holidays Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi, dan Studi Pustaka. Hasil penelitian ini berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan melalui deskripsi data hingga analisis data terhadap brosur pariwisata Sumatera Utara Milik Sedona Holidays Medan terdapat brosur dalam kategori baik yaitu pada brosur pariwisata Murshala, brosur pariwisata Nias, brosur pariwisata Tangkahan The Real Hidden Paradies, brosur pariwisata Pulau Banyak, dan brosur pariwisata Salah Namo. Dan kategori cukup baik yaitu pada brosur paket Tour Medan – Danau Toba, brosur pariwisata Situmurun dan brosur pariwisata Aek Sijorni.

Kata Kunci: Brosur


Keywords


Brosur

References


Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. (2016). Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia.

Amborse, Gevin dan Paul Haris. 2010. Design Thinking. Singapore: Ava Book Production.

Dabner, David, Sandra Stewart, dan Able Vickress. (2017). Graphic Design School: The Principles and Practice of Graphic Design. Penerbit John Wiley & Sons.

Heller, Steven. (2004). Design Literacy. Canada: Allworth Press.

Hendratman, Hendi. (2015). Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.

Kartono, Gamal. (2015). Typografi. Medan: Unimed Press.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV. Andi Offest.

Krause, Jim. (2001). Layout Index. Florida: Adams Media.

Netwark, Quentin. (2007). What Is Graphic Design?. Singapore: Page One Publising Private Limited.

Pender, Ken. (1998). Digital Color in Graphic Design. Italy: Vincenzo Bona Torino.

Rustan, Surianto. (2008). LAYOUT, Dasar, & Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offest.

Sumber Jurnal

Cenadi, Christine Suharto. (1999). Elemen-elemen Dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya, 1(1), 1-11.

Lass, M. Amy. (2010). Developing Effective Marketing Materials: Brochure Design Considerations. Jurnal center for profitable agriculture University of Tennessee, 179, 1-5




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i1.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yenny Chandra Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.