Perancangan Buku Cerita Bergambar Unggah-Ungguh Berjudul Anak Tanah Djawi
Abstract
Tujuan penelitian untuk merancang buku cerita bergambar unggah-ungguh Jawa berjudul Anak Tanah Djawi untuk anak usia 6-9 tahun, yang menceritakan perilaku etika Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Metode Penelitian yang digunakan dalam perancangan ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Kualitatif adalah suatu metode yang dilakukan menyusuri pendekatan historis, pandangan dokumen makna peristiwa, kajian informasi, pendataan suatu kejadian, pemotretan sampai deskripsi suatu fenomena sosial melalui berbagai pendataan lapangan yang kelak dipaparkan bagian dalam struktur terolah (Sachari, 2005:135). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi literatur dari buku-buku teoritis, jurnal dan, hasil penelitian yang lalu yang beredar di berbagai media yang berkaitan dengan objek penelitian. Pengumpulan data juga melalui observasi dengan melakukan pengamatan keseharian anak-anak di desa Sawit, Gunung Kidul pada 15 Januari 2022. Hasil yang dicapai yaitu berupa media buku cerita bergambar yang berjudul Anak Tanah Djawi yang berisikan cerita keseharian anak – anak pedesaan jawa dengan menerapkan unggah-ungguh Jawa yang berlaku. Dapat membantu dalam menambah minat anak dalam membaca buku cerita bergambar dan memberikan edukasi tentang budaya unggah-ungguh Jawa untuk menjadikan anak mempunyai etika yang baik sesuai ajaran budaya Jawa kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiutomo, T. (2014). Membangun karakter siswa melalui pendidikan“unggah ungguh”di sekolah. pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 5, 61. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.117
Catherine, R. A. (2021). Pemanfaatan tipografi untuk anak usia dini melalui media komunikasi visual. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/67403792/
Dianata, M. (2017). Penerapan segmenting, targetting, dan positioning (STP) pada produk syariah di PT. Sun Life Financial Indonesia: Studi kasus di PT. Sun Life Financial Indonesia cabang Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/11575/
Handayani, S. (2009). Unggah-ungguh dalam etika jawa. skripsi unggah-ungguh dalam etika jawa, 9. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/7486
Hudha, N. (2020). Etika orang jawa menurut serat subasita dalam perspektif pendidikan islam (Doctoral Dissertation, IAIN Surakarta). http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/765
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komuni kasi visual. Andi Offset.
Lafiyaningtyas, I. (2016). Pergeseran unggah-ungguh dalam keluarga Jawa di desa Cemanggah Lor, kecamatan Ungaran Barat kabupaten Semarang. Skripsi, 4. http://lib.unnes.ac.id/29067/
Mardikantoro, H. B. (2012). Pilihan bahasa masyarakat samin dalam ranah keluarga. 24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/
Marius, J. A. (2006). Nalitik perubahan sosial. Penyuluhan, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v2i2.2190
Marsya, I. H., & Anggraita, A. W. (2016). Studi pengaruh warna pada interior terhadap psikologis penggunanya, studi kasus pada unit transfusi darah kota x. Jurnal Desain Interior, 1(1), 41. https://doi.org/10.12962/j12345678.v1i1.1461
Moedjanto, G. (1978). Konsep kekuasaan jawa. Katinus.
Muzayyanah, S. (2021). Aktuslisasi nilai-nilai etika jawa pada masyaraakaat transmigran ( Studi di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang ). 45. http://repository.radenintan.ac.id/15494/1/cover BAB 1-5.pdf
Nugroho, A. P. (2020). Perancangan buku cerita bergambar interaktif untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional ular naga kepada anak-anak. 18. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24786
Panduwinata, F. P. (2022). Karakteristik gambar tiga anak skizofrenia. 10(1), 50–59. ejournal.unesa.ac.id
Rahmah, R. F., Dhananjaya, A. E., & Dinata, R. D. S. (2020). Perancangan buku cerita bergambar sebagai sarana pendidikan seksualitas untuk anak-anak. jurnal selaras rupa, 1(2), 36–45. https://jurnal.idbbali.ac.id
Saputra, S. W. (2019). Perancangan informasi kunjungan wisata tokoh charlie chaplin di garut melalui media buku cerita bergambar. 52. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2313/
Setiautami, D. (2011). Eksperimen tipografi dalam visual untuk anak. humaniora, 2(1), 311. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3011
Soedarso, N. (2014). Perancangan buku ilustrasi perjalanan mahapatih gajah mada. humaniora, 5(2), 561. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3113
Sumiyardana, K. dkk. (2016). Etika jawa dalam novel indonesia. Balai Bahasa Jawa Tengah.
Suseno, F. M. (1985). Etika jawa sebuah analisa falsafi tentang kebijaksanaan hidup jawa. PT. Gramedia.
Tanyid, M. (2014). Etika dalam pendidikan: kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 237. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13
Vesiano, Q. A. (2019). Peran etika budaya jawa dalam membangun karakter anak usia dini. in seminar nasional pendidikan 2015. http://seminar.umpo.ac.id
Wibawa, S. (2010). No nilai-nilai etis kepemimpinan dalam serat wedhatama. konferensi internasional kebudayaan daerah. Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.7860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Martha Tisna Ginanjar Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.