Desain Poster Peran Ranggalawe dalam Membantu Berdirinya Kerajaan Majapahit

Merry Harvianty, Rafid Arahman

Abstract


Ranggalawe tercatat dalam sejarah sebagai pemberontak pertama dalam Kerjaan Majapahit. Tetapi, Ranggalawe oleh masyarakat Tuban merupakan sosok yang dikenal sebagai pahlawan. Sebagai sosok kebanggan rakyat Tuban, Ranggalawe dikenal memembantu banyak hal besar dalam berdirinya Kerajaan Majapahit. Perancangan media poster merupakan bentuk solusi permasalahan yang ada yaitu mampu mengajak dan mempengaruhi pembaca untuk lebih mengenal peran Ranggalawe dalam membantu mendirikan Kerajaan Majapahit. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif yaitu penelitian berdasarkan deskriptif. Penelitian  menggunakan hasil yang dilakukan berdasarkan minimnya penelitian dan refrensi akademik dalam mengulas karakteristik dan peran dari sosok Ranggalawe. Maka diperlukannya media dalam mengulasnya. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya poster tentang peran ranggalawe dalam membantu mendirikan Kerajaan Majapahit yang ditunjukan untuk  masyarakat, terutama untuk orang dewasa yang sudah dapat memilih-milih pendapat.


Keywords


Tuban;Ranggalawe;Majapahit

References


Achmad, W. Sri dan Adji, B. Krisna (2014). Geger Bumi Majapahit. Yogyakarta: Araska Publisher

Anitah, Sri (2008). Media Pembelajaran. Surakarta LPP UNS dan UNS Press: Surakarta

Danton, S (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Gramedia: Jakarta:

Historia.id (2008) Ranggalawe Melawan Majapahit. [Online]. Diakses dari https://historia.ic/kuno/articles/ranggalawe-melawan-majapahit-PRykE.

Maxmanroe.com (2019) Pengertian poster: Arti, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Poster. [Online]. Diakses dari https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-poster.html.

Sudiana, D (2001). Tipografi: Sebuah Pengantar Fikom Unisba. [Online]. Diakses dari http:/ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/740

Supriyono (2008). Pendalangan Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Wayangku.id (2017) Jenis Wayang : Suluh (Wayang Kulit Suluh) Perjuangan. [Online]. Diakses dari https:www.google.co.id/amp/s/wayangku.id/amp/jenis-wayang-suluh-wayang-kulit-suluh-perjuangan/.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Merry Harvianty, Rafid Arahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.