Desain Karakter Tanaman Tarum (Indigofera tinctoria) sebagai Pengenalan Ragam Flora Indonesia

Zulfa Arrifqi Umaimah, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Abstract


Keberadaan flora Indonesia yang beragam jenisnya banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing sesuai kondisi lingkungan. Kehadiran ragam flora juga dapat berpengaruh pada perkembangan budaya lokal karena dapat dijadikan sebagai sumber estetika nusantara seperti ragam corak dan motif pada kain batik, ukiran, dan sebagainya. Perancangan desain karakter menggunakan sumber ide utama yaitu tanaman tarum (Indigofera tinctoria) yang digunakan sebagai pewarna alami pada kain nusantara untuk menghasilkan warna indigo. Hal-hal lain yang berkaitan dengannya yaitu Sungai Citarum dan batik Pataruman dijadikan ide tambahan maupun pendukung terbentuknya konsep karakter. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan tanaman tarum (Indigofera tinctoria) sebagai salah satu contoh ragam flora yang ada di Indonesia kepada khalayak melalui desain karakter. Penggunaan metode design thinking pada perancangan desain karakter membantu dalam proses penciptaan karya.


Keywords


Desain Karakter; Tarum; Indigofera tinctoria; Flora Indonesia

References


Abednego, V. A., & Kusumawati, Y. A. (2019). Kajian Desain Karakter Pada Buku “Heritage of East Java” sebagai Daya Tarik Visual. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media, 8(02), 24–33. https://doi.org/10.35457/translitera.v8i02.887

Adzani, F., & Murwonugroho, W. (2021). Pentingnya Kesesuaian Visual Karakter Tokoh dalam Film Animasi “My Little Pony: The Movie.” Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 6(1), 68–84. https://doi.org/10.25105/pdk.v6i1.8630

Alrazi, C. Z., & Rachman, A. (2021). Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 190–202. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i2.2247

Ariyanti, M., & Asbur, Y. (2018). TANAMAN TARUM (Indigofera tinctoria Linn.) sebagai Penghasil Zat Pewarna. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil, 2(1), 109–122. https://doi.org/10.30598/jhppk.2018.2.1.109

Chaudhary, R. K. (2019). Influence of Colour on Visual Arts. 6.

Hermanudin, D. C., & Ramadhani, N. (2020). Perancangan Desain Karakter untuk Serial Animasi 2D “Puyu to The Rescue” dengan Mengadaptasi Biota Laut. Jurnal Sains dan Seni ITS, 8(2), F227–F233. https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i2.47758

Indra, V. M. L. (2018). Perancangan Concept Art Karakter Animasi 2D sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Wanita Remaja-Dewasa. 7.

Karimah, S. N., & Atabany, A. (2019). Peternakan dan Pertanian untuk Ketersedian Pakan Lokal Berkelanjutan di Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 1(1), Article 1. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/28426

Krisnawati, E., Sunarni, N., Indrayani, L. M., Sofyan, A. N., & Nur, T. (2019). Identity Exhibition in Batik Motifs of Ebeg and Pataruman. SAGE Open, 9(2), 215824401984668. https://doi.org/10.1177/2158244019846686

Maulana, I., Aditya, D.K., 2018. Perancangan Karakter Anthropomorphism pada Board Game yang Mengangkat Keragaman Flora dan Fauna Indonesia. eProceedings of Art & Design, 5(1).

Maysa, R. (2021). Seri Sungai Populer Nusantara: Sungai Citarum. Epigraf Komunikata Prima.

Namirah, I., Affifah, I., Wijayanti, I. E., & Langitasari, I. (2019). Kajian terhadap Tanaman Pewarna Alami pada Masyarakat Baduy Luar. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i2.6150

Pratiwi, H. N., & Miftahuddin, M. (2021). Perkembangan Perkebunan Nila di Karesidenan Kedu Masa Tanam Paksa 1840-1870. Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/moz.v12i1.45628

Sofiani, Y. (2018). Perubahan Kedudukan dan Kekuasaan Bupati di Priangan pada Tahun 1800-1916. 11.

Sondarika, W. (2019). Dampak Culturstelsel (Tanam Paksa) bagi Masyarakat Indonesia dari Tahun 1830-1870. Jurnal Artefak, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.25157/ja.v3i1.337

Surachmad, A., & Purnengsih, I. (2018). Perancangan Karakter Purnawarman sebagai Tokoh Utama dalam Film Animasi Kerajaan Tarumanagara. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 1(01), 1–7. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.4

Suyatman, U. (2021). Citarum yang Merana dalam Pengabaian Nilai Kabuyutan Orang Sunda. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 18(1), 51–61. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v18i1.12721

Swatriani, R. (2020). Representasi Budaya Nusantara Dalam Animasi Binekon. 7, 20.

Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. 1, 9.

Utami, A. W. (2019). Kualitas Air Sungai Citarum. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/m3ha2

Yulianti, I. (2021). Perancangan Desain Karakter Jole Berbasis Lokal Flores, Indonesia. Journal of Animation and Games Studies, 7(1), 63–72. https://doi.org/10.24821/jags.v7i1.4382

Yunita, S., Sudaryat, Y., Sn, S., & Sn, M. (2020). Konsep Desain Karakter dari Bunga Nasional Negara Indonesia Untuk Animasi 2D. 14.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i1.6736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulfa Arrifqi Umaimah, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.