Analisis Visual Pada Sampul Buku Cerita Anak Tentang Permainan Tradisional
Abstract
Masalah umum yang dijumpai zaman sekarang lebih didominasi oleh permainan hasil industrialisasi, seperti video game, game online, maupun game yang menggunakan teknologi digital, dibandingkan permainan tradisional. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dengan model semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa sampul buku cerita anak permainan tradisional memiliki tanda verbal, tanda visual, dengan penyajian desain komunikasi visual. Berdasarkan hasil analisis ditemukan tanda verbal, tanda visual, makna konotasi dan makna denotasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Marina Wardaya, A. I. (2020). Karakteristik Buku Anak yang Memorable dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 202-203.
Carton, A. (2018, April 16). Role Of Book Cover Design In Your Book's Success. Retrieved from designhill: https://www.designhill.com/design-blog/?p=32723
Corrigan, S. (2021, Mei 11). Why is Typography Important in Graphic Design. Retrieved from Flux Academy: https://www.flux-academy.com/blog/why-is-typography-important-in-graphic-design
Dewi, N. I. (2020). Kajian Semiotika Cover Novel Tetralogi Laskar Pelangi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 4-5.
Claudia Sabrina, A. K. (2019). Eksplorasi Cerita Dan Visual Karakter Bertemakan Orang Tua Tunggal Untuk Animasi Pendek. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 182.
Elok Nuriyatur Rosyidah, A. L. (2019). Infografis Dampak Fisik Dan Psikologis Pernikahan Dini Bagi Remaja Perempuan. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 198.
Bagus Setiawan, D. A. (2021). Perancangan Visual Directory untuk Art Practice Service for The Elderly (APSTE) di Lingkungan Urban. de-lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice, 38.
Aulia Chairunnisa, S. M. (2021). nalisis Visual Ilustrasi Sampul Novel Five Feet Apart Berdasarkan Prinsip-Prinsip Desain. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 79.
Dimas Rifqi Novica, I. K. (2018). Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang. Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS), 54.
Penerbit Erlangga. (2018). Ensiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia. Retrieved from Penerbit Erlangga: https://erlangga.co.id/resensi/8925-ensiklopedia-permainan-tradisional-anak-indonesia.html
Hermanto, Y. A. (2018). Identifikasi Ilustrasi-Tipografi Graphic Vernacular Sebagai Sistem Tanda & Identitas Warung Tenda di Kota Malang. Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS, 76.
Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 160-162.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.6246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rifda Imtiyaz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.