Analisis Visual Pada Sampul Buku Cerita Anak Tentang Permainan Tradisional

Rifda Imtiyaz, Shintya Inriana, Tamara Regina

Abstract


Masalah umum yang dijumpai zaman sekarang lebih didominasi oleh permainan hasil industrialisasi, seperti video game, game online, maupun game yang menggunakan teknologi digital, dibandingkan permainan tradisional. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dengan model semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa sampul buku cerita anak permainan tradisional memiliki tanda verbal, tanda visual, dengan penyajian desain komunikasi visual. Berdasarkan hasil analisis ditemukan tanda verbal, tanda visual, makna konotasi dan makna denotasi.


Keywords


Buku cerita anak; desain komunikasi visual; sampul buku.

References


Marina Wardaya, A. I. (2020). Karakteristik Buku Anak yang Memorable dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 202-203.

Carton, A. (2018, April 16). Role Of Book Cover Design In Your Book's Success. Retrieved from designhill: https://www.designhill.com/design-blog/?p=32723

Corrigan, S. (2021, Mei 11). Why is Typography Important in Graphic Design. Retrieved from Flux Academy: https://www.flux-academy.com/blog/why-is-typography-important-in-graphic-design

Dewi, N. I. (2020). Kajian Semiotika Cover Novel Tetralogi Laskar Pelangi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 4-5.

Claudia Sabrina, A. K. (2019). Eksplorasi Cerita Dan Visual Karakter Bertemakan Orang Tua Tunggal Untuk Animasi Pendek. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 182.

Elok Nuriyatur Rosyidah, A. L. (2019). Infografis Dampak Fisik Dan Psikologis Pernikahan Dini Bagi Remaja Perempuan. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 198.

Bagus Setiawan, D. A. (2021). Perancangan Visual Directory untuk Art Practice Service for The Elderly (APSTE) di Lingkungan Urban. de-lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice, 38.

Aulia Chairunnisa, S. M. (2021). nalisis Visual Ilustrasi Sampul Novel Five Feet Apart Berdasarkan Prinsip-Prinsip Desain. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 79.

Dimas Rifqi Novica, I. K. (2018). Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang. Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS), 54.

Penerbit Erlangga. (2018). Ensiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia. Retrieved from Penerbit Erlangga: https://erlangga.co.id/resensi/8925-ensiklopedia-permainan-tradisional-anak-indonesia.html

Hermanto, Y. A. (2018). Identifikasi Ilustrasi-Tipografi Graphic Vernacular Sebagai Sistem Tanda & Identitas Warung Tenda di Kota Malang. Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS, 76.

Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 160-162.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.6246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rifda Imtiyaz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.