Paper Animation Pada Video "Pakde 1949" Menggunakan Teknik Cut Out
Abstract
Video animasi sebagai media edukasi merupakan bentuk pemanfaatan dari teknologi untuk mempermudah manusia dalam menyampaikan tujuan dan maksud yang ingin dicapai. Kurangnya media dan sarana menjadi penyebab kecilnya minat masyarakat untuk mengetahui mengenai sejarah khusunya sejarah Jenderal Soedirman. Oleh sebab itu peneliti bertujuan membuat video animasi yang menarik dan interaktif menggunakan teknik Cut Out menggunakan kertas. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pre Produksi, Produksi, Pakca Produksi). Video ini telah dilakukan pengujian Beta test yang dinilai oleh pengunjung museum dan masyrarakat. Berdasarkan dari hasil pengujian Beta test menggunakan kuesioner dan dengan perhitungan skala likert mendapatkan hasil dengan nilai 93,71 % sehingga termasuk dalam kategori sangat setuju. Penelitian ini menghasilkan video edukasi untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang sejarah Jenderal Soedirman.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayuningtyas, Dika Restu. (2016). Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman Pada Masa Revolusi Fisik Tahun 1945-1950 Di Indonesia (Desa Pakis Baru Pacitan). Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori. ANDI, Yogyakarta
David. (2015). Perancangan Video Musik Animasi Paper Cut Out Stop Motion Untuk Lagu Berjudul Invisible: Medan.
Ideari, Hesky Elma. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Sejarah. Skripsi: Universitas Negeri Semarang
Mukhammad Nurzadi Risata, Hata Maulana (2016) Penerapan Animasi dan Sinematografi dalam Film Animasi Stopmotion “Jenderal Soedirman. Jurnal Multitechnics Vol.2 No.2
Imran, Amrin (1980). Panglima Besar Jenderal Soedirman. Jakarta: Mutiara
Komputer, wahana (2010). Panduan praktis adobe flahs profesional cs6. Semarang.
Purnama, Bambang Eka. (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tempo, (2012). Soedirman Seorang Panglima, Seorang Martir. Jakarta: Tempo
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang TI (Paduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus). Yogyakarta: ANDI.
Wahana Komputer. (2013). Membuat Animasi dan Video Effect dengan Adobe Photoshop dan Adobe After Effect CS6, Yogyakarta: Andi Offset
Wahana Komputer. (2014). Adobe Audition CS6, Cara Mudah Buat Rekaman, Yogyakarta: Andi Offset.
Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang TI (Paduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus). Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahana Komputer. (2013). Membuat Animasi dan Video Effect dengan Adobe Photoshop dan Adobe After Effect CS6, Yogyakarta: Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.6131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Retno Waluyo
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.