Analisis Retorika Visual Pada Illustrated Book Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

RR Annisa Rarasati, irfansyah irfansyah

Abstract


Perkembangan buku tidak hanya menyangkut aspek teknis namun juga aspek konten. Hal ini terbukti dengan munculnya fenomena karya Marchella Febritrisia Putri, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI). Tahun 2019, buku NKCTHI berhasil terjual lebih dari 70.000 eksemplar. Fenomena ini menarik untuk diteliti sebagai buku yang sarat dengan tampilan gambarnya yang menggugah dan disampaikan secara retorik. Buku bertema pengembangan diri ini ditargetkan untuk usia remaja ke atas. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji buku NKCTHI didekati secara mix method yang memadukan pendekatan secara kuantitatif maupun kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak dua kali, dengan target dewasa awal berusia 18 29 masing masing sebanyak 44 dan 38 orang. Responden dibatasi untuk usia dewasa awal (18-29 tahun) karena usia ini merupakan usia pencarian jati diri yang membutuhkan buku pengembangan diri. Data hasil kuesioner dikaji secara kualitatif dengan mendiskripsikan gambaran data yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini guna mengidentifikasi dan mengetahui potensi unsur visual yang terkandung dalam buku NKCTHI sebagai pendekatan komunikasi visual bagi kalangan dewasa awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku NKCTHI telah menerapkan kriteria retorika visual untuk dewasa awal yang menyukai komposisi layout, warna, tipografi, dan ilustrasi sesuai dengan kriteria retorika visual yang telah ditemukan dari hasil kuesioner, yaitu layout menggunakan sedikit teks, penulisan teks yang dilakukan secara manual, ilustrasi yang ditampilkan secara retorik melalui konotasi dan majas tertentu, dan juga warna pastel dan warna dingin.


Keywords


Buku Ilustrasi; Dewasa Awal; NKCTHI; Retorika Visual.

References


Aswan, R. (2019). Tinjauan Elemen Visual Pada #88 Love Live. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(1), 187. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.010

Catalano, D. (2005). The Roles of The Visual in Picture Books Beyond the Conventions of Current Discourse (Issue March). Ohio State University.

Hartanto, D. D. (2007). Rethorical Analysis pada Iklan Esia. Narada, 8. https://ojs.petra.ac.id/ojsnew2/index.php/dkv/article/view/16669

Illahi, R. K. (2017). Penggunaan Visual Retorika oleh Fotografer dalam Proses Penyampaian Pesan Melalui Foto Human Interest. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 4(2), 115.

Larasati, A. E. (2018). Seputar White Space yang Perlu Kamu Tahu. International Design School. https://idseducation.com/seputar-white-space-yang-perlu-kamu-tahu/

Marianti, M. (2011). Kekuasaan Dan Taktik Mempengaruhi Orang Lain Dalam Organisasi. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 7(1), 4558. https://doi.org/10.26593/jab.v7i1.401.

Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyaraka, 06(01), 5356.

Mulyadi, R. H., & Budiwaspada, A. E. (2021). Metafora Visual Pada Iklan Obat Antiseptik Vidisep Kajian Semiotika. Serat Rupa Journal of Design, 5(1), 1836. https://doi.org/10.28932/srjd.v5i1.2951

Nara, N. (2018). Memancing Cerita Melalui Media Sosial. 1 November 2018. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2018/11/01/memancing-cerita-melalui-media-sosial

Saputra, G. B. (2019). Membedah Konsep Teks Sebagai Retorika Visual Pada Platform Media Sosial (Studi Retorika Visual Pada Stiker Line Dan Whatsapp). https://www.academia.edu/40495014/MEMBEDAH_KONSEP_TEKS_SEBAGAI_RETORIKA_VISUAL_PADA_PLATFORM_MEDIA_SOSIAL_STUDI_RETORIKA_VISUAL_PADA_STIKER_LINE_DAN_WHATSAPP

Sari, M. Y., Sihombing, R. M., & Damajanti, I. (2020). Buku Pengembangan Diri sebagai Media Art as Theraphy. Journal Kreatif, 7(1). http://ejurnal.polnes.ac.id/index.php/kreatif/article/view/15




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i3.4935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RR Annisa Rarasati, RR Annisa Rarasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.