Perancangan Busana Wanita Siap Pakai dengan Inspirasi Facial Mask Pada Opera Beijing

Felicia Gunawan, Dewi Isma Aryani, Tan, Indra Janty

Abstract


Facial Mask atau yang disebut sebagai Lian Pu merupakan topeng Cina yang dilukis di wajah menggunakan make-up dengan motif dan warna yang memiliki arti dan penggambaran tertentu. Koleksi busana siap pakai berjudul SAVOIR DE LIAN PU merupakan pakaian semi-formal yang terinspirasi dari keunikan facial mask yang digunakan oleh pemain Opera Beijing yang terdiri dari Sheng (生), Jing (净), Dan (旦), dan Chou (丑). Keempat facial mask dikemas menjadi pakaian multiguna dalam bentuk modern sehingga cocok dikenakan oleh wanita urban, terutama yang memerlukan mobilitas tinggi. Selain mengadaptasi motif pada facial mask, koleksi ini juga mengadaptasi beberapa kebudayaan khas Tiongkok terutama pada Dinasti Ming yang merupakan asal mula Opera Beijing diciptakan, seperti bunga Lotus, tassel, dan motif double happiness. Motif dan karakteristik konsep diaplikasikan pada busana melalui teknik embroidery, ombre dye, painting, drapery, dan tassel. Koleksi ini mengacu kepada Indonesia Trend Forecasting 2021/2022 “The New Beginning” dengan tema Essentiality dan style Classic Elegant. Koleksi busana siap pakai SAVOIR DE LIAN PU ditujukan untuk wanita dengan rentang usia 23-30 tahun berpendapatan menengah ke atas, memiliki karakter sophisticated dan elegan, serta berdomisili di kota-kota besar baik di Indonesia maupun mancanegara. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk: 1) Menciptakan koleksi busana wanita siap pakai dengan inspirasi Facial Mask Opera Beijing, 2) Menerapkan teknik manipulasi material berupa embroidery, ombre dye, painting, drapery, dan tassel ke dalam koleksi busana wanita urban. Metode yang digunakan yaitu metode PBL (Project Based Learning) berupa pembelajaran yang menggunakan proyek nyata melalui pencarian informasi dan sintesis data, eksplorasi material, penilaian kelayakan, dan interpretasi desain untuk menghasilkan hasil akhir berupa satu koleksi busana.

Keywords


elegan; Opera Beijing; oriental; pakaian multiguna; topeng wajah

References


Arievta, D. (Ed.). (2021). The new beginning. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Aryani, D. I. (2011). Tradisi angpaw di Indonesia. Conference Festival Seni Maranatha (Fesema): Akulturasi dalam Pelestarian Budaya Indonesia. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Aryani, D. I., Setiawan, K. F. R., & Natanael, I. N. (2021). The "Awal Mula Peh Cun di Tangerang": An animated film about acculturation of Chinese culture fort in Tangerang. Journal of Games, Game Art, and Gamification, 6(1), 21-26.

Ayda, P. N., & Astuti, A. (2020). Pembuatan surface design pada busana ready to wear dengan teknik sashiko. TEKNOBUGA: JURNAL TEKNOLOGI BUSANA DAN BOGA, 8(1): 62-69.

Bonds, A. B. (2008). Beijing opera costumes the visual communication of character and culture. Honolulu: University of Hawaii Press.

Fidelia, R. & Pratama, D. (2018). Busana kerajaan tokoh Gatotkaca wayang kulit purwa gaya Surakarta. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 1(1), 78-81.

Glorianna, V., Aryani, D. I., & Tan, I. J. (2020). Perancangan koleksi busana ready to wear deluxe dengan inspirasi wayang potehi. Prosiding ISBI Bandung, 1(1). Bandung: ISBI Bandung.

Goldstein, J. S. (2007). Drama kings: Players and publics in the re-creation of peking opera. Barkeley: University of California Press.

Midiani, D. (2020). The new beginning. Jakarta: Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ria, Ayu. (2011). Analisis perwatakan Jing 净:Berdasarkan warna dalam tata-rias. Depok: Universitas Indonesia.

World Theatre Ambassador Shang Changrong. (2012). Retrieved April 16, 2021, from https://www.iti-worldwide.org/shang_changrong.html.

Seppälä, P. (2018). Role types of the peking opera. Retrieved from: https://disco.teak.fi/asia/role-types-of-the-peking-opera/, diakses pada tanggal 28 Februari 2021 pukul 12.10 WIB.

Beijing Opera. (2008). Retrieved March 3, 2021, from https://www.newworldencyclopedia.org/entry/Beijing_opera.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i2.4884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewi Isma Aryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.