Pengolahan Motif dengan Teknik Pola Repetisi Simetri Menggunakan Bentuk Aksara Jawa

Ade Ayu Dwicahyani, Morinta Rosandini

Abstract


Perkembangan teknik pengolahan desain motif saat ini sangat beragam, teknik pola motif repetisi simetri, memiliki potensi untuk menghasilkan suatu inovasi pola motif. Penggunaan aksara latin sebagai modul pada pola simetri sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, menghasilkan ragam motif variatif dikarenakan bentuk aksara latin yang asimetris. Penelitian ini memanfaatkan potensi tersebut dengan mengambil bentuk aksara tradisional, yaitu aksara Jawa yang juga memiliki unsur asimetris pada bentuknya, sebagai modul dasar pengolahan motif. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan keberagaman bentuk motif yang tercipta dengan teknik pola repetisi simteri dengan mengadaptasi bentuk tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah yaitu metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka mengenai teori teknik repetisi simetri dan aksara jawa dan observasi perkembangan penggunaan teknik repetisi simetri, serta eksplorasi bentuk dan pola repetisi simetri menggunakan visual aksara Jawa secara digital. Berdasarkan hasil eskplorasi yang telah dilakukan, pengolahan motif simetri pada penelitian ini menghasilkan bentuk motif dan metamotif yang beragam dengan karakter gaya art deco yang elegan. Luaran penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi desainer untuk menciptakan inovasi motif yang dapat diaplikasikan kedalam produk fashion.


Keywords


Aksara Jawa; Motif; Repetisi; Simetri.

References


Adriel Kurniawan, Y., Margana, & Tri Wahyudi, A. (2015). Perancangan Buku Motif Berdasarkan Karakteristik Visual Anggrek Indonesia. http://gdj.gdj.netdna- cdn.com/wp-cdn.com/wp-

Anindyati, H. (2018, April 2). Persembahan Yang Berani dan Ceria dari Kolaborasi UNIQLO X Marimekko Special Colection. Retrieved from Liputan 6: https://m.liputan6.com/fashion-beauty/read/3421849/persembahan-yang-berani-dan-ceria-dari-kolaborasi-uniqlo-x-marimekko-special-collection

Ayumitha, F. H. (2014). Transliterasi huruf latin ke dalam aksara Jawa dengan menggunakan decision tree.

Fauziana, L., & Rosandini, M. (2018). Aksara Jawa Sebagai Inspirasi Perancangan Motif Batik. eProceedings of Art & Design, 5(3).

Jackson, P. (2018). How To Make A Repeat Pattern. United Kingdom: Laurence Kingdom Publishing Ltd.

Kotb, R. M. (2014). Art deco architectures as inspiration source in fashion design. 2, 1–17.

Lukmansyah, D. R., & Ratyaningrum, F. (2020). Aksara Jawa Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Batik. Va, 8(1), 72–79.

Pramudita, D. (2019). PENERAPAN ARSITEKTUR ART DECO STREAMLINE MODERN PADA ARTCO.HOTEL DI JALAN SUDIRMAN, BANDUNG. 10–16.

Steed, J., & Stevenson , F. (2021). Basic Textile Design. USA: AVA Publishing SA.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i2.4811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Ayu Dwicahyani, Morinta Rosandini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.