Poster dengan Teknik Cetak Tinggi sebagai Bentuk Kritik Ekologis

Sigit Purnomo Adi, I Gusti Ngurah Tri Marutama, Seviana Rinawati, M. Khizal Mohamed Saat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin memahami persoalan yang muncul dalam eksistensi poster dengan teknik cetak tinggi pada karya seniman-seniman di Indonesia dalam menyingkapi fenomena ekologis. Pertanyaan yang diajukan (1) apakah poster dengan teknik cetak tinggi mampu menghadirkan dimensi estetik yang kritis; (2) bagaimana pengaruh lingkungan membentuk kesadaran seniman dalam praktik poster dengan teknik cetak tinggi. Keberadaan praktik poster dengan teknik cetak tinggi terhadap perkembangan seni rupa kontemporer dengan teknik dan medium baru, serta dengan paradigma, konsep dan keyakinan dasar  seniman yang lebih memiliki kepekaan ekologis. Dalam proses kreatif penciptaan poster dengan teknik cetak tinggi mampu menghadirkan sesuatu yang dipandang kritis terhadap berbagai fenomena ekologis. Beberapa seniman yang bermukim di Indonesia memanfaatkan ruang publik sebagai tempat untuk mempresentasikan karya sebagai bentuk penyadaran publik tentang berbagai hal, khususnya tentang kerusakan lingkungan alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik poster dengan teknik cetak tinggi ternyata mampu menghadirkan dimensi pendidikan kritis. Sebagai bentuk tanggungjawab sosial seniman, seni bukan hanya urusan estetik dan galeri, seni yang baik adalah seni yang mampu memberikan kontribusi bagi kehidupan yang lebih baik sebagai bentuk pemuliaan terhadap nilai-nilai hidup dan menghidupi.


Keywords


Poster, cetak tinggi, seni grafis, kritik ekologis, seniman.

References


Adi, S. P., Sumargo, A., & Putra, S. B. S. (2017). Perkembangan seni urban di Surakarta. Dwi-Quantum.

Adi, S. P., & Marutama, I. G. N. T. (2019). Emanating kolase dengan media kertas dan plastik bekas dalam karya monoprint. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1), 70-75.

Adi, S. P., Susanti, N., & Panggabean, M. N. R. (2020). Cetak tinggi dan pengaplikasiannya. Dwi-Quantum.

Adi, S. P. (2020). Seni cetak grafis (edisi seni cetak tinggi). UNS Press.

Marianto, M. D. (1988). Seni cetak cukil kayu. Yogyakarta: Kanisius.

Marianto, M. D. (2017). Art & life force in a quantum perspective. Yogyakarta: Scritto Books Publisher.

Siregar, A. T. H. (2005). Kedudukan seni grafis dalam seni rupa kita, Makalah Seminar Seni Grafis 2005, Galeri Soemardja FSRD ITB.

Wulandari, W. S. (2008). Seni grafis Yogyakarta dalam wacana seni kontemporer. ITB Journal of Visual Art and Design 1,99-11. DOI: 10.5614/itbj.vad.2008.2.1.7

Sunarto., & Suherman. (2017). Apresiasi seni rupa. Yogyakarta: Thafa Media.

Desain Grafis Indonesia. Poster Boeng Ayo Boeng. Retrieved January 28, 2022, from https://dgi.or.id/dgi-archive/1945-poster-boeng-ayo-boeng

Padi, T. (2018). Taring padi. IndoArtNow. Retrieved January 28, 2022, from https://indoartnow.com/artists/taring-padi

Suryani, L. D. (2020). Seni cukil untuk bersuara, bukan urug pesisir saja. Mongabay.co.id. Retrieved January 28, 2022, from https://www.mongabay.co.id/2020/12/13/seni-cukil-untuk-bersuara-bukan-urug-pesisir-saja/.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i2.4018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sigit Purnomo Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.