Perancangan Karakter Purnawarman sebagai Tokoh Utama dalam Film Animasi Kerajaan Tarumanagara

Ahmad Surachmad, Iis Purnengsih

Abstract


Purnawarman adalah raja ketiga dari Kerajaan Tarumanagara, sosok raja yang gagah berani dalam pertempuran dan raja yang dapat memakmurkan rakyatnya. Sosok yang menarik untuk dijadikan sebuah tokoh utama dalam sebuah cerita sejarah. Artikel ini akan membahas perancangan visual karakter Raja Purnawarman dalam film animasi “Kerajaan Tarumanagara” dengan tujuan untuk mengetahui karakter visual Purnawarman sebagai sosok raja yang gagah berani dalam pertempuran. Analisis visual artikel ini menggunakan analisis Kualitiatif, sehingga dengan analisis ini dapat diketahui karakter Raja Purnawarman. Film animasi dibuat sebagai media pendukung agar karakter visual Purnawarman lebih menarik perhatian khususnya audiens yaitu anak-anak dan remaja.


Keywords


Purnawarman; Tarumanagara; Karakter; Animasi

References


Achmad, S.W. (2018). Sejarah perang kerajaan-kerajaan di Nusantara. Yogyakarta: Araska Publisher.

Budiman, K. (2011). Semiotika visual:Konsep, isu, dan problem ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Djafar, H. (2010). Kompleks Percandian Batujaya, Rekonstruksi sejarah kebudayaan daerah Pantai Utara Jawa Barat. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Iskandar, Y. (2017). Sejarah Jawa Barat (Yuganing Rajakawasa). Bandung: CV Geger Sunten.

Munandar, A.A., (2017). Kaladesa: Aawal sejarah Nusantara. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Poesponegoro, M.D., & Notosusanto, N. (2010). Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno. Jakarta: Balai Pustaka.

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2017). Designing visual character of Raden Wijaya as historical figure in visual novel. International Journal Of Scientific & Technology Research, 6(11), 207-210.

Putri, A., & Tria, W. (2013). Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Wahyuningsih, S. (2014). Kearifan budaya lokal Madura sebagai media persuasif (analisis semiotika komunikasi Roland Barthes dalam iklan Samsung Galaxy versi Gading dan Giselle di pulau Madura). SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 171-180.

Anand. (2015). Samudragupta: Life, Conquests, Administration and Culture. [Gambar]. http://www.historydiscussion.net/biography/samudragupta-life-conquests-administration-and-culture/3082




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ahmad Surachmad, Iis Purnengsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.