Studi Visual Dan Gerak Boneka Porselen Sebagai Pendukung Perancangan Film Animasi
Abstract
Cyberbullying tidak hanya terjadi pada kalangan atas seperti selebriti, tetapi masyarakat biasa juga sering menjadi korban bullying. Beberapa kasus membuat korban menjadi merasa tidak aman atau tidak percaya diri (insecure), bahkan yang paling fatal menyebabkan korban cyberbullying depresi hingga melakukan bunuh diri. Tujuan dilakukan penelitian ini agar penulis dapat merencanakan perancangan animasi pendek yang mengangkat topik bullying, insecure, hingga depresi. Dengan menggunakan film pendek animasi sebagai media untuk menyampaikan informasi, diharapkan agar masyarakat dapat menangkap semua pesan yang ingin disampaikan dengan baik, efektif, dan juga menarik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdou, Kelly Richman. (2019, September 5). Kintsugi: The Centuries-Old Art of Repairing Broken Pottery with Gold. Retrieved from https://mymodernmet.com/kintsugi-kintsukuroi
Animation Boss. (2017, December). 12 Principles Animation. Retrieved from http://www.animationboss.net/12-principles-animation/
Bloop Animation. (2014, April). The 6 Steps of Animations. Retrieved from https://www.bloopanimation.com/6-steps-of-animation/
Eko Sugiarto.2015. Penyusunan Proposal Penelitan Kualitatif: Skripsi dan Tesis.Yogyakarta: Suaka Media
Kelas Pintar. (2019, December 18). Mengenal Jenis Jenis Metode Penelitian. Retrieved from https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/jenis-metode-penelitian-2566/
Lidia, Irma. (2020, August 28). Apa Sih yang Menyebabkan Insecure? Plus Cara Mengatasinya. Retrieved from https://jovee.id/apa-sih-yang-menyebabkan-insecure-plus-cara-mengatasinya/
Miyarso, Estu. (2015).Peran Penting Sinematografi dalam Pendidikan pada Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313279/lainlain/peran+penting+sinematografi.pdf
Muslimin,N. (2017, May 21). Film: Media Efektif! Retrieved from https://www.kompasiana.com/nurulmuslimin/59217254ff22bd897c4c6056/film-media-efektif?page=2
Nugroho, Sarwo. 2015, Manajemen Warna Dan Desain. Yogyakarta: CV Andi
Pratiwi,Y. (2020, May 6).Sering Insecure, Sebabnya Takut Gagal Sampai Korban Bullying. Retrieved from https://cantik.tempo.co/read/1346516/sering-insecure-sebabnya-takut-gagal-sampai-korban-bullying/full&view=ok
Rastati, R. (2016). Bentuk Perundungan Siber di Media Sosial dan Pencegahannya Bagi Korban dan Pelaku. Jurnal Sosioteknologi, (15)(2), 184 Retrieved from http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/2363
Santo. (2019). Strategi Visual Animasi Interaktif Keliling Jawa. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, (4)(2), 109-124
Seputar Pengetahuan. Pengetahuan Animasi, Jenis, Bentuk, Proses Pembuatan & Prinsipnya. (2017, November).Retrieved from https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-animasi-jenis-jenis-bentuk-proses-pembuatan-prinsip.html
Truschel, Jessica (2020) Depression Definition and DSM-5 Diagnostic Criteria. Retrieved from https://www.psycom.net/depression-definition-dsm-5-diagnostic-criteria/
Vanessa Gozali, Charina (2019) Perancangan Gerak Tokoh pada Adegan Pertarungan dalam Film Animasi 3D Berjudul "RAMPAG!". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. Retrieved from https://kc.umn.ac.id/10767/7/BAB_V%20%2825%29.pdf
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.3887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jovin Jovin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.