Analisis Desain Video Aisyah Istri Rasulullah Karya Art Bay Official

Diah Istiqomah, Winny Gunarti Widya Wardani, Wirawan Sukarwo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain video Aisyah Istri Rasulullah karya Art Bay Official sebagai pesan mengenai sosok muslimah inspiratif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, studi lapangan, observasi serta melakukan wawancara kepada narasumber guna memperkuat data dari objek yang diteliti. Data yang didapatkan kemudian dirangkum ke dalam sebuah pembahasan. Analisis desain video dalam penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Rolland Barthes untuk menganalisis denotasi dan konotasi pada desain ilustrasi, tipografi, dan desain karakter. Hasil analisis ini menunjukan bahwa kisah Aisyah Periwayat Hadis ini sangat penting untuk dijadikan acuan tentang seharusnya kaum muslimah berperilaku, di antaranya melalui penampilan diri. Analisis video Aisyah Istri Rasullullah karya Art Bay Official ini dapat menjadi referensi ilmiah kajian desain sebagai cara menyampaikan pesan secara audio visual tentang sosok muslimah yang dapat dijadikan panutan oleh remaja dan mengetahui elemen-elemen visual yang ada didalam sebuah video ilustrasi menjadi sebuah penyampaian pesan. Analisis video Aisyah Istri Rasullullah dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah bagi para kreator komik dan animasi  dalam upaya menyampaikan pesan melalui karakter tokoh Islami


Keywords


Wanita muslimah; pesan audio visual; tokoh Islam.

References


Cenadi, C. S. (1999, Januari). Elemen-elemen Dalam Desain Komunikasi Visual . Nirmana, vol 1, 1-11.

Nadawi, S. a. (2017).Aisyah kekasih terindah. Jakarta: Republika.

Purnengsih, Iis (2019). Representasi wanita cantik versi Safi, Jurnal Desain, vol 6, 2.

Sari, N. L. (2013, April). Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk. Jurnal Komunikasi Profetik, vol 6, 43-52.

Wahyuningsih, S. (2014, Desember ). Kearifan Budaya Lokal Madura Sebagai Media Persuasif (Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam iklan Samsung Galaxy versi Gading dan Giselle di Pulau Madura). Sosio Didaktika, vol 1, 172-180.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.3861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diah Istiqomah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.