Analisis Penanaman Sugesti Pada Pengobatan Hipnoterapi Sebagai Metode Penyembuhan Gangguan Psikologis

Sehab Budin, Muhammad Iqbal Qeis, Puji Anto

Abstract


Penelitian Penelitian ini Untuk menganalisis pengobatan hipnoterapi menggunakan metode penanaman sugesti yang mampu menyembuhkan gangguan psikologis dengan pendekatan homo videns dan teori visualisasi kreatif. Visualisasi kreatif membantu memahami bagaimana kata-kata yang ditanamkan dapat dicerna otak sebagai visual yang mudah diterima sehingga proses hipnoterapi menjadi lebih efektif. Kata membayangkan atau imajinasikan menjadi faktor utama dalam pengobatan hipnoterapi dengan pendekatan homo viden dan teori visualisasi kreatif contoh dari kalimatnya ada di point satu yaitu sugesti dan pembayangan didalamnya terdapat kalimat membayangkan sebuah pintu dan kembali kemasa lalu, dan point kedua ada di pembelajaran bawah sadar kembali terdapat kalimat positif yaitu menjadi mandiri dan berprstasi dalam hidup.

Keywords


Pengobatan Hipnoterapi; Penanaman Sugesti; Gangguan Psikologis.

References


Budiman, b. (2016). Efektivitas hypnoterapi teknik anchor terhadap perubahan perilaku merokok remaja studi pada klien di klinik maulana center of hypnotherapy palembang. Psikis: jurnal psikologi islami, 2(2).

Burrow. (2001). Asal muasal hipnoterapi : Jakarta

Cahyadi, A. (2017). Metode hipnoterapi dalam merubah perilaku. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 17(2), 73-82.

Darmadi, D., & Handoyo, B. (2016). Profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1).

Edria sandika, m. & Yoan nurbudhiati, (2014). Dinamika adaptasi kontemporer novel sherlock holmes a study in Scarlet dengan serial bbc sherlock episode a study in pink. Universitas andalas

Fariyah, d. (2013). Pengaruh penilaian berbasis kelas terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang kelas viii smp negeri 4 palimanan (doctoral dissertation, iain syekh nurjati cirebon).

Gunawan, A. W. (2013). Hypnotherapy for children. Gramedia Pustaka Utama

Habiibati habsari, (2009). Komodifikasi estetika tubuh perempuan dalam iklan. Yogyakarta

Hadiprayitno, K. (2004). Teori estetika untuk seni pedalangan. BP ISI Yogyakarta.

Hakim, a. (2010). Hipnoterapi: cara tepat & cepat mengarasi stres, fobia, trauma, dan gangguan mental lainnya. Visimedia.

Harwantiyoko, (2005) Pengantar Sosiologi dan Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Gunadarma, hlm. 21

Hendriyanto, B. (2012). Pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas padjadjaran angkatan 2011. Students e-Journal, 1(1), 30.

Ibrahim, i. (2018). Kesehatan ala hipnoterapi islam. Jurnal ilmiah syi'ar, 18(2), 103-115

Idhamkholid, A. R. (2018). Metode Terapi Penyembuhan Dengan Sugesti. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01).

Li, R. (2010). Visualizing creativity: An analysis of the relationship between creativity and visualization through an overview of theories of creativity visualization technologies (Doctoral dissertation, Auckland University of Technology).

Mimin Haryati, (2009),. Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta:Gaung Persada) hal 15

Murdowo, S. (2007). Imajinasi sebagai Roh Kreatif Intelek dalam Proses Kreasi Penciptaan Karya Seni. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 5(2).

Nathalia, S. (2017). Video 5 menit Apa Itu Hipnoterapi. Diakses dari Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=rfjQ7bFQD-g

Oliverio, S. (2007). Educating homo videns. Philosophy for children as a way of countering the antimeditative situation of our time and of fostering the democratic attitude. Childhood & Philosophy, 3(6), 241-265.

Prasetyo, e. B. (2006). Peran ilustrasi visual dalam pembelajaran. Majalah ilmiah pembelajaran, 2(2).

Pakpahan, n., & yohana, n. (2017). Komunikasi terapeutik dalam hipnoterapi pasien gangguan kecemasan (anxiety disorder) di glow mind klinik hipnoterapi pekanbaru (doctoral dissertation, riau university).

Walkup, L. E. (1965). Creativity in science through visualization. Perceptual and Motor Skills, 21(1), 35-41




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sehab budin, puji anto, Iqbal Qeis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.