Karakter dan Lokasi untuk Perancangan Animasi Pendek Bertema Adiksi pada Smartphone
Abstract
Dalam animasi, karakter dan pengaturan lokasi atau lingkungan diperlukan sebagai alat untuk menyampaikan cerita. Desain visual yang baik dapat menarik perhatian penonton. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pengembangan karakter dan latar belakang pengaturan dengan visual menarik yang mampu menyampaikan emosi dengan tepat dan menyampaikan pesan moral dari cerita tersebut. Topik yang diangkat adalah tentang kecanduan smartphone. Teknologi mampu membuat pengguna kecanduan. Dampak dari kecanduan ini tidak jarang membahayakan penggunanya. Desain animasi pendek ini menggambarkan bahaya yang mungkin dialami oleh pengguna karena kecanduan sehingga penting untuk menjaga keseimbangan dalam menggunakan teknologi, terutama smartphone. Penulis menggunakan metode kuantitatif dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan meninjau gambar referensi, studi literatur, melakukan survei, dan pengamatan. Hasil penelitian ini mengarah pada desain karakter, lokasi, cerita, dan aspek lain yang mendukung desain film animasi pendek.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Addiction. (n.d.). Cambridge Dictionary. Diakses dari https://dictionary.cambridge.org /dictionary/english/addiction
Ambrose, G. & Harris, P. (2015). Design thinking for visual communication. United Kingdom: Bloomsbury.
American Society of Addiction Medicine. (2011). Public policy statement: Short definition of addiction. Diakses dari https://www.asam.org/for-the-public/definition-of-addiction
Ballon, R. (2009). Breathing life into your characters: How to give your characters emotional & psychological depth. Cincinnati: Writers Digest Books.
Fidan, H. (2016). Development and validation of the mobile addiction scale: the components model approach. Addicta: The Turkish Journal on Addictions, 3(3), 452-469. http://dx.doi.org/10.15805/addicta.2016.3.0118
Heid, M. (2016, Februari 24). You asked: Am I addicted to my phone? Time magazine. Diakses dari http://time.com/4234366/phone-smartphone-addiction/?xid=newsletter-brief
Islam, M. T., Nahiduzzaman, K. M., Why, Y. P., & Ashraf, G. (2011). Informed character pose and proportion design. The Visual Computer, 27(4), 251-261. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/220067721_Informed_character_pose_and_proportion_design
Khalaf, S. & Kesiraju, L. (2017, Maret 2). U.S. consumers time-spent on mobile crosses 5 hours a day. Diakses dari https://flurrymobile.tumblr.com/post/157921590345/us-consumers-time-spent-on-mobile-crosses-5
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Diakses dari https://kbbi.web.id/kualitatif
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Diakses dari https://kbbi.web.id/kuantitatif
Muduli, J. R. (2014). Addiction to technological gadgets and its impact on health and lifestyle: A study on college students (Master’s thesis). Diakses dari http://ethesis.nitrkl.ac.in/5544/
Nistanto, R. K. (2015, September 4). Kebiasaan orang Indonesia, pelototi “smartphone” 5,5 jam sehari. Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2015/09/04/11301837/Kebiasaan. Orang.Indonesia.Pelototi.Smartphone.5.5.Jam.Sehari.
Pixar. (n.d.). Up. Dakses dari https://www.pixar.com/feature-films/up#up-main [Oktober 19, 2018]
Oxford Dictionaries. (n.d.). Diakses dari https://en.oxforddictionaries.com/definition/smartphone
Sullivan, K., Alexander, K., Mintz, A., & Besen, E. (2013). Ideas for the animated short: Finding and building stories. United Kingdom: Focal Press.
Tillman, B. (2011). Creative character design. United Kingdom: Focal Press.
USC Libraries. (2018, Oktober 5). Organizing your social sciences research paper: Qualitative methods. Diakses dari http://libguides.usc.edu/writingguide/qualitative
USC Libraries. (2018, Oktober 5). Organizing your social sciences research paper: Quantitative methods. Diakses dari http://libguides.usc.edu/writingguide/quantitative
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i02.31
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Stephanie Wenardy, Frans Santoso
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.