Simbol Zodiak pada Motif Ornamen Kumudawati Pura Mangkunenagaran

Arie Afriadi, Dendi Pratama

Abstract


Simbol zodiak sudah dikenal di masyarakat sebagai dua belas simbol rasi bintang yang di tentukan pada hari, tanggal, dan bulan, simbol zodiak di ketahui berasal dari budaya barat yang masuk ke Indonesia dan lebih dikenal sebagai ramalan bintang. Namun terdapat tempat yang menjadikan simbol zodiak sebagai salah satu motif dalam hiasan bangunan, tempat itu adalah di Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran yang telah menjadikan simbol zodiak sebagai sebuah akulturasi kebudayaan antara kebudayaan barat dengan kebudayaan Jawa. Simbol zodiak tersebut termuat dalam sebuah hiasan langit-langit Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran yang diberi nama Motif Ornamen Kumudawati.

Keywords


Zodiak; Motif Ornamen Kumudawati; Mangkunegaran

References


Adisukma, W. (2016). Makna ornamen Kumudawati Pendhapa Ageng Mangkunegaran. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 6(1), 8-13.

Nasution, M. F. M. (2018). Perkembangan Ilmu Falak Pada Peradaban Pra Islam. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 141-156.

Sunarman, Y. S. (2010, Febuari). Bentuk rupa dan makna simbolis ragam hias di Pura Mangkunegaran Surakarta. Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wardanu, D. P. (2013). anaslisis visual ragam hias Kumudawati pada langit langit Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran Surakarta. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i03.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Arie Afriadi, Dendi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.