Warna sebagai Identitas Merek pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi
Chyndi Mustika Dewi, Alviah Hairiza, Edo Galasro Limbong
Abstract
Warna merupakan salah satu elemen desain yang penting dalam pembuatan kemasan karena dapat menyampaikan pesan yang diinginkan oleh merek suatu produk. Memiliki kesan tertentu yang berbeda pada setiap warna dapat menjadikan warna sebagai identitas pembeda suatu merek. Perancangan ini bertujuan untuk menentukan warna yang dapat menjadi identitas dari suatu merek kembang goyang. Dengan melakukan observasi dan wawancara mengenai produk kembang goyang kepada konsumen dapat disimpulkan bahwa kembang goyang dinikmati dalam suasana kebersamaan yang ceria sehingga warna kemasan yang dipilih adalah warna yang memiliki makna keceriaan.
Anggraini, L., & Nathalia, K. (2016). Desain komunikasi visual: dasar panduan untuk pemula. Bandung: Nuansa Cedikia.
Nugroho, E. (2008). Teori warna. Jakarta: Gramedia.
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra kemasan juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Zaichkowsky, J. L. (tanpa tahun). Strategies for distinctive brands. Brand Management, Special Is. Diakses dari http://www.sfu.ca/~zaichkow/strategiesforbrands.pdf
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071