EKSISTENSI FIGUR SEMAR PADA MEDIA VISUAL LOGO STUDI KASUS: LOGO ANGKRINGAN KHAS JOGJA SEMAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1397/755
Godlewski, G. dan Zalech, M. (2022). Determinants of paying attention to the logos of online travel agencies. Journal of Vacation Marketing, 29(4), 584-601. https://doi.org/10.1177/13567667221109271
Hana, R. dan Yusuf, M. (2021). Nilai-nilai sufistik tokoh wayang Semar dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Potensia Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 52. https://doi.org/10.24014/potensia.v7i1.10343
Ismiati, D. dan Rachman, A. (2023). City branding of Kendal: regional imaging strategy through logo and tagline. Jurnal Bina Praja, 15(1), 181-191. https://doi.org/10.21787/jbp.15.2023.181-191
Kresna, A. (2012). Punakawan: Simbol kerendahan hati orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Kusumastuti, R. D., & Kusuma, A. S. (2022). Angkringan Sebagai Ruang Publik Dan Sarana Interaksi Sosial Di Kota Bogor. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 91-105. https://journal1.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1850/895
Mulyono, S. (1989). Apa dan Siapa Semar. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Setiawan, E. B., & Pahlevi, R. W. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Angkringan Herbal Dewuyung dengan Menggunakan Analisis SWOT. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 11-22. https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/1112
Setyaputri, N. Y. (2024). Karakter ideal konselor multibudaya berdasarkan nilai luhur semar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 15. https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss2/15
Subarkah, M. dan Ayundasari, L. (2021). Islam-Jawa: makna simbolis seni pewayangan "tokoh semar". Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(7), 873-879. https://doi.org/10.17977/um063v1i7p873-879
Sudardi, B. (2012). Peran dan Makna Semar Dalam Tradisi Nusantara. Cetakan 1 Surakarta: UNS Press.
Sumukti, T. (2006). Semar Dunia Batin Orang Jawa (Cetakan II). Yogyakarta: Penerbit Galangpress.
Rahman, M., Ibad, M., & Wijayanti, G. (2024). Problematika angkringan tradisional (at) di yogyakarta: pembacaan kondisi empiris angkringan tradisional (at) menggunakan konsep modernitas dan gentrifikasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1309. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.3653
Rokhman, B. dan Haswanto, N. (2024). Perancangan website kuliner pecel Madiun sebagai media pelestarian warisan budaya tak benda Indonesia. Malcom Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 212-223. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1055
Widyasari, W., Priyanto, A., Putranto, A., & Estiasih, T. (2023). Redesain logo CV. Milkinesia Nusantara sebagai identitas visual perusahaan. Judikatif Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 141-148. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.158
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v8i1.14820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yayah Rukiah, Ranang Agung Sugihartono, Sarwanto Sarwanto, Sunardi Sunardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






