EKSISTENSI FIGUR SEMAR PADA MEDIA VISUAL LOGO STUDI KASUS: LOGO ANGKRINGAN KHAS JOGJA SEMAR

Yayah Rukiah, Ranang Agung Sugihartono, Sarwanto Sarwanto, Sunardi Sunardi

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengkaji eksistensi figur Semar pada media visual logo, dengan studi kasus pada logo Angkringan Khas Jogja Semar. Figur Semar, sebagai ikon budaya Jawa yang kaya akan makna filosofis, dieksplorasi representasinya dalam konteks branding bisnis kuliner tradisional, yaitu angkringan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi dan menginterpretasikan elemen-elemen visual pada logo Angkringan Khas Jogja Semar yang merepresentasikan figur Semar. Hasil analisis menunjukkan bahwa visual Semar dalam logo tersebut mengadaptasi karakteristik tradisionalnya untuk membangun identitas visual yang kuat dan membedakan angkringan ini dari yang lain. Representasi Semar tidak hanya berfungsi sebagai daya tarik visual, tetapi juga membawa konotasi nilai-nilai Jawa seperti kesederhanaan, kearifan lokal, dan kedekatan dengan masyarakat, yang selaras dengan citra angkringan sebagai ruang sosial dan kuliner yang inklusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan figur Semar dalam logo Angkringan Khas Jogja Semar secara efektif memperkuat eksistensi merek, membangun identitas visual yang unik, serta memanfaatkan kekayaan budaya lokal sebagai elemen pembeda dalam lanskap bisnis kuliner Yogyakarta

Keywords


figur Semar, eksistensi, logo, kuliner tradisional, budaya lokal

References


Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1397/755

Godlewski, G. dan Zalech, M. (2022). Determinants of paying attention to the logos of online travel agencies. Journal of Vacation Marketing, 29(4), 584-601. https://doi.org/10.1177/13567667221109271

Hana, R. dan Yusuf, M. (2021). Nilai-nilai sufistik tokoh wayang Semar dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Potensia Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 52. https://doi.org/10.24014/potensia.v7i1.10343

Ismiati, D. dan Rachman, A. (2023). City branding of Kendal: regional imaging strategy through logo and tagline. Jurnal Bina Praja, 15(1), 181-191. https://doi.org/10.21787/jbp.15.2023.181-191

Kresna, A. (2012). Punakawan: Simbol kerendahan hati orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Kusumastuti, R. D., & Kusuma, A. S. (2022). Angkringan Sebagai Ruang Publik Dan Sarana Interaksi Sosial Di Kota Bogor. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 91-105. https://journal1.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1850/895

Mulyono, S. (1989). Apa dan Siapa Semar. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Setiawan, E. B., & Pahlevi, R. W. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Angkringan Herbal Dewuyung dengan Menggunakan Analisis SWOT. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 11-22. https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/1112

Setyaputri, N. Y. (2024). Karakter ideal konselor multibudaya berdasarkan nilai luhur semar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 15. https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss2/15

Subarkah, M. dan Ayundasari, L. (2021). Islam-Jawa: makna simbolis seni pewayangan "tokoh semar". Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(7), 873-879. https://doi.org/10.17977/um063v1i7p873-879

Sudardi, B. (2012). Peran dan Makna Semar Dalam Tradisi Nusantara. Cetakan 1 Surakarta: UNS Press.

Sumukti, T. (2006). Semar Dunia Batin Orang Jawa (Cetakan II). Yogyakarta: Penerbit Galangpress.

Rahman, M., Ibad, M., & Wijayanti, G. (2024). Problematika angkringan tradisional (at) di yogyakarta: pembacaan kondisi empiris angkringan tradisional (at) menggunakan konsep modernitas dan gentrifikasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1309. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.3653

Rokhman, B. dan Haswanto, N. (2024). Perancangan website kuliner pecel Madiun sebagai media pelestarian warisan budaya tak benda Indonesia. Malcom Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 212-223. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1055

Widyasari, W., Priyanto, A., Putranto, A., & Estiasih, T. (2023). Redesain logo CV. Milkinesia Nusantara sebagai identitas visual perusahaan. Judikatif Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 141-148. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.158




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v8i1.14820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yayah Rukiah, Ranang Agung Sugihartono, Sarwanto Sarwanto, Sunardi Sunardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.