Analisis Penggunaan Karakteristik Hero Pada Hero IP My Academia

Ika Resmika Andelina, Asrullah Ahmad, Laurentia Thung

Abstract


Perkembangan media hiburan di era modern menghadirkan berbagai bentuk, termasuk animasi Jepang atau anime yang kini populer di Indonesia. Salah satu anime yang menonjol adalah My Hero Academia, yang meraih berbagai penghargaan internasional dan dikenal berkat jalan cerita menarik, ilustrasi visual khas, serta desain karakter yang ikonik, terutama pada aspek kostum superhero. Penelitian ini bertujuan menganalisis desain karakter dalam My Hero Academia untuk mengidentifikasi elemen visual yang berperan dalam membangun karakter pahlawan super yang populer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Manga Matrix oleh Hiroyoshi Tsukamoto, dilengkapi kerangka desain karakter lain untuk memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter dalam My Hero Academia memiliki keunikan desain yang mendukung daya tarik visual dan naratif, serta berkontribusi terhadap kepopulerannya. Temuan ini merekomendasikan penggunaan pendekatan Manga Matrix sebagai acuan dalam proses perancangan karakter animasi bertema superhero.

 

 

Kata Kunci: anime, desain karakter, superhero, My Hero Academia, Manga Matrix.


Keywords


Anime; desain karakter; superhero; My Hero Academia; Manga Matrix.

References


Andelina, I. R. (2020). Analisis Elemen Dalam Penciptaan Karakter Desain Di Dalam Ip Hypnosis Mic - Seiyuu X Rapper Project. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 7(2), 137. https://doi.org/10.22441/narada.2020.v7.i2.001

Ariesta, I. G. B. B. B., Yogantari, M. V., & Yudha, A. A. N. B. K. (2019). Kajian Semiotika Pada Visualisasi Tokoh All Might Dalam Manga. 1(2), 108–112.

Erlyana, Y. Dkk. (2023). ANALISIS COLOR PALETTE BERDASARKAN RASA WARNA SEBAGAI PENGUAT DAYA TARIK EMOSIONAL DALAM VIDEO ANAK. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 09(3), 396–411.

Gavaler, C. (2016). ON THE ORIGIN OF SUPERHEROES FROM THE BIG BANG TO ACTION COMICS NO. 1 CHRIS (Issue July). Universty of Iowa Press.

Kurniawan, R. A. (2019). Kemunculan Komik Adipahlawan Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. TEXTURE: Art & Culture Journal, 2(1), 29–39. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/TXT/article/view/2628

Kusumajati.A.J. (2020). PERWUJUDAN KONSEP GIRI DAN NINJOU YANG TERGAMBAR PADA IZUKU MIDORIA DALAM MANGA BOKU NO HERO ACADEMIA. Universitas Diponegoro.

Putri, V., R, W. N. C., & Suastiwi. (2021). RESEPSI PENGGEMAR TERHADAP KARAKTER ANIME SHOUNEN MY HERO ACADEMIA , ATTACK ON TITAN DAN HUNTER X HUNTER. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 160–174.

Safariani, P. (2017). Penyebaran Pop Culture Jepang Oleh Anime Festival Asia (Afa) Di Indonesia Tahun 2012-2016. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 5(3), 729–744. http://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/08/Ejournal Putri Safariani (08-08-17-07-14-28).pdf

Sanjani.P.A, Adnyani.K.E.K, S. N. . (2019). Danseigo Oleh Tokoh Pria Bakugo Katsuki Dalam Anime. 5(3), 501–512.

Saputra M, Garry. 2019. “Desain Karakter Dalam Serial Shonen Manga One Punch Man”. Sekolah Pascasarjana. Institut Kesenian Jakarta. Jakarta.

Seputro, V.N. & Streit, A,K. (2024). PERANCANGAN KARTU PERMAINAN “MITKIT” TENTANG MITIGASI BENCANA ALAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 10(2), 286-306.

Setyanto, D. W., & Adiwibawa, B. A. P. (2018). Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 256. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supardi, M.d. (2006). Metodologi Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.

Tilman, Bryan. (2011). Creative Character Design. USA. Focal Press.

https://mangaplus.shueisha.co.jp/viewer/1000392

Sumber: https://myheroacademia.fandom.com/ diakses 15 September 2021

https://myheroacademia.fandom.com/wiki/Popularity_Polls#Fifth_(US) diakses Januari 2022




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v8i1.14260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ika Resmika Andelina, Asrullah Ahmad, Laurentia Thung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi DesainKomunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 781871878835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.