Pesan Moral dan Nilai Kehidupan dalam Unsur Kepercayaan Cerita Rakyat Gromore Studio

Yuni Zaharani, Enny Nurcahyawati, Hoirunnisa .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unsur kepercayaan pada video animasi cerita rakyat Joko Budug dan Putri Kemuning karya Gromore Studio serta menelaah secara rasional nilai moral dan kehidupan di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi berdasarkan konsep kebudayaan Koentjaraningrat, khususnya sistem religi. Pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi terhadap video animasi, dan observasi lapangan di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah. Hasil analisis menunjukkan unsur kepercayaan dalam animasi cerita Joko Budug dan Putri Kemuning adalah keyakinan masyarakat terhadap kekuatan supranatural dengan adanya sosok naga, praktik semedi, serta patung Dwarapala sebagai simbol pelindung. Unsur kepercayaan tersebut setelah ditelaah secara rasional mencerminkan pesan moral dan nilai-nilai kehidupan yang mencakup keberanian, ketekunan, refleksi diri, dan kesiapsiagaan. Nilai-nilai ini tetap relevan di era modern dan tidak semata-mata bersifat tahayul atau irasional, karena berperan dalam membentuk individu yang tangguh, adaptif, dan memiliki etika sosial yang baik.


Keywords


Pesan moral; nilai kehidupan; kepercayaan; cerita rakyat

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Batubara, A., & Nurizzati, N. (2017). Struktur dan fungsi sosial cerita rakyat legenda asal usul Kampung Batunabontar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 19.

Danandjaja, J. (2002). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Firmansyah, E. K., & Putrisari, N. D. (2017). Sistem religi dan kepercayaan masyarakat Kampung Adat Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 236243.

Gromore Studio. (2024). Joko Budug dan Putri Kemuning: Cerita Rakyat Jawa Timur. Video YouTube. Diakses 8 Mei 2025, dari https://youtu.be/sBd8cg6zB9M?si=9JJSGkxZxkE7rCLl

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera, 6(1), 2641.

Koentjaraningrat. (1993). Kebudayaan, mentalitas, dan pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oktaviani, A. (2024). Efektivitas video animasi dan penggunaannya dalam pembelajaran IPA sekolah dasar [Skripsi sarjana, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Repository.

Sari, D. N. I. (2021). Pengembangan video animasi sebagai media pembelajaran tematik tingkat SD/MI. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Sukidan, S. Y. (2001). Metode penelitian sastra lisan. Surabaya: Citra Wacana.

Yoswara, H. P., Santosa, I., & Haswanto, N. (2011). Simbol dan makna bentuk naga (studi kasus: Vihara Satya Budhi Bandung). Wimba: Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia, 3(2), 1730.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.14007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yuni Zaharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.