Strategi Pemasaran Batik Melalui Media Sosial Instagram pada UMKM Hamparan Rintik Malang
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh UMKM Hamparan Rintik pada media sosial Instagram untuk produk batik mereka. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan teori SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) dan Teori Tracy L. Tuten & Michael R. Solomon dalam bukunya yang berjudul Social Media Marketing (2017) dengan mengungkapkan empat fokus utama dalam pemasaran melalui media sosial, termasuk Instagram, yaitu Social Community (membangun hubungan dan interaksi), Social Publishing (konten dan distribusi), Social Entertainment (pengalaman dan berbagi), serta Social Commerce (penjualan dan pembelian). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hamparan Rintik telah menerapkan beberapa dari empat fokus utama tersebut yang kemudian dianalisis dengan menggunakan SWOT. Kekuatan Hamparan Rintik terdapat pada desain produk yang unik dan menarik, mendapatkan dukungan dari pemerintah Kota Malang. Peluangnya yaitu kolaborasi yang luas. Kelemahan yang dimiliki yaitu keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai. Ancaman yang dihadapi oleh Hamparan Rintik adalah percepatan pemasaran di dunia digital secara online. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan strategi yang positif dan memberikan informasi terkait strategi pemasaran melalui media sosial Instagram.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amirudin, A., & Triyono, S. (2018). Expositive Acts on Instagram: Knowing What People Intent to Write on their Captions through Pragmatics Perspective. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(4), 129. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.4p.129
Asad, A.-R. H., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res, 3(1), 335.
Diana Sari, S., & Pujiati, A. (2018). Strategi Pengembangan Pengrajin Karya Batik Di Desa Sokawera Kecamatan Somagede Banyumas. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 727743. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Dr. Rulli Nasrullah, M. S. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (Cet. 3). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jubilee Enterprise. (2021). Instagram Untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. ELEX MEDIA KOMPUTINDO. https://elexmedia.id/produk/detail/komputer/jubilee-enterprise/instagram-untuk-bisnis-hobi-dan-desain-grafis/9786230027703
Setyorini, C. T., & Susilowati, D. (2019). Pendampingan UMKM Batik Dalam Mengoptimalkan Nilai Tambah UMKM Melalui Pelatihan Pembuatan Motif Batik Khas Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 1(1), 54. https://doi.org/10.20884/1.dsc.2019.1.1.2191
Sugiyono. (2013). E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung : Alfabeta.
Suryana. (2013). Ekonomi kreatif, ekonomi baru: mengubah ide dan menciptakan peluang. Penerbit Salemba Empat. https://books.google.co.id/books/about/Ekonomi_kreatif_ekonomi_baru.html?id=2_A9ngEACAAJ&redir_esc=y
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social consumers. In Social Media Marketing.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Widodo. (2009). Model Pengembangan Human Capital Dalam Konteks Modal Sosial. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 13, Nomor 2. Hal 88-106
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.13620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mega Julyartha, Mayang Anggrian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






