Menggali Kearifan Lokal: Nilai-Nilai IPS Dan karakter Cinta Tanah Air Pada Tradisi Meron Sukolilo Pati
Abstract
Tradisi Meron merupakan tradisi khas yang hanya dapat dijumpai di desa Sukolilo Pati Jawa Tengah. Tradisi ini rutin diadakan setiap tahunnya sebagai bentuk pengekspresian rasa syukur dan sebagai peringatan maulid Rasulullah SAW. Selain itu, masyarakat desa Sukolilo percaya dengan diadakannya tradisi Meron, dapat membawa keberkahan tersendiri bagi semua masyarakat desa tersebut. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter cinta tanah air yang terkandung di dalam tradisi Meron. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan sumber data berupa catatan lapangan, dokumentasi, observasi, dan wawancara, data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik pereduksian data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa dalam tradisi Meron Sukolilo Pati terdapat nilai pendidikan karakter cinta tanah air, di mana masyarakat desa Sukolilo mengakui bahwa tradisi Meron yang diadakan mereka secara rutin pada setiap tahunnya termasuk bentuk pencerminan rasa bangga maupun sebuah penghargaan masyarakat desa Sukolilo terhadap warisan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhurnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, N., Nisa, A. C., Khairunnisa, A. T., & Rosyita, E. (2024). Analisis Nilai Religi dalam Cerita Rakyat Tradisi Meron. Sintaksis: Publikasi Para Ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(4), 153–164.
Alfaris, M. R., & Supriyanto, A. (2024). Preserving Bun Ya Ho Dance: A Bun Ya Ho Dance Procession Analysis in the Apitan Tradition in Kudus. Jurnal Seni Tari, 13(1), 18–23.
Arif, M., Munirah, Haluty, R., Harahap, S., Umalihayati, Iswahyudi, M. S., Prastawa, S., Jumardi, & Darisman, D. (2024). Pendidikan Karakter di Era Digital. Rey Media Grafika.
Chandra, F. (2023). Antropologi Hukum dalam Masyarakat. Adagium: Jurnal Ilmiah Hukum, 1(1), 1–11.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.
Hanna, L. Y. (2023). Kearifan Lokal Tradisi Meron Sebagai Sumber Belajar IPS di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati (pp. 1–75). IAIN Kudus.
Harefa, D. (2024). The Influence of Local Wisdom On Soil Fertility in South Nias. Jurnal Sapta Agrica, 3(2), 18–28.
Haslan, M. M., Dahlan, D., & Fauzan, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Merariq pada Masyarakat Suku Sasak. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 15–23.
Hendra, T., Adzani, S. A. N., & Muslim, K. L. (2023). Dakwah Islam dan Kearifan Budaya Lokal: Konsep dan Strategi Menyebarkan Ajaran Islam. Journal of Da’wah, 2(1), 65–82.
Jamaluddin, J., Hajawa, H., Hasanuddin, H., Daud, M., Naufal, N., & Nirwana, N. (2023). Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Hutan di Hutan Adat Marena di Desa Pekalobean Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Forest Services, 1(1), 43–56.
Khoa, B. T., Hung, B. P., & Hejsalem-Brahmi, M. (2023). Qualitative Research in Social Sciences: Data Collection, Data Analysis and Report Writing. International Journal of Public Sector Performance Management, 12(1–2), 187–209.
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage publications.
Muhammad, M., Deeng, D., & Mawara, J. E. T. (2022). Kearifan Lokal Petani Padi Sawah di Desa Lembah Asri Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah. Holistik: Journal of Social and Culture, 15(2), 1–20.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Mus’ifah, I., & Azka, R. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Geometri pada Tradisi Meron di Sukolilo Kabupaten Pati. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 148–158.
Oktarina, N., Nopianti, H., & Himawati, I. P. (2022). Kearifan lokal dalam pengelolaan Repong Damar Pekon Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 6(1), 73–91.
Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing Local Wisdom Within Character Education Through Ethnopedagogy Apporach: A Case Study on A Preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), 1–13.
Sari, V. S. P. S., & Sabardila, A. (2023). Meron Annual Tradition in Commemoration of The Maulid of The Prophet Muhammad Saw in Sukolilo Village, Sukolilo District, Pati District. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora), 7(1), 77–88.
Solehudin, R. H. (2024). The Role of Regional Government in Maintaining Local Traditions and Wisdom in Banyumas. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 10(1), 56–69.
Subqi, I. (2020). Nilai-Nilai Sosial-Religius dalam Tradisi Meron di Masyarakat Gunung Kendeng Kabupaten Pati. Heritage, 1(2), 171–184.
Sukatin, Munawwaroh, S., Emilia, & Sulistyowati. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054.
Sukmawan, S., & Febriani, R. (2023). Upacara Unan-Unan Tengger: Membentang Kearifan Ekologis, Mewujud Keselarasan Kosmis. Universitas Brawijaya Press.
Wahdah, A. Z., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Tradisi Meron di Sukolilo dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Geometri. Arithmetic: Academic Journal of Math, 3(1), 13–26.
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. AL Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1), 1–11.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.13618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zakki Maulana Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.