Pendekatan Kreatif Dalam Perancangan Poster Untuk Mendorong Pemahaman Masyarakat Pada Isu Sosial
Abstract
Poster adalah salah satu media komunikasi visual yang sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap berbagai isu sosial. Dalam konteks ini, karya poster dirancang dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap inklusivitas dan kesejahteraan penyandang disabilitas di seluruh dunia. Tema buta warna diangkat sebagai fokus utama dalam perancangan poster ini untuk menyoroti pentingnya representasi visual yang inklusif serta mendorong pemahaman masyarakat terhadap tantangan yang dihadapi oleh pengidap buta warna. Konsep visual dalam poster ini dirancang tidak hanya sebagai media edukasi tetapi juga sebagai alat untuk menginspirasi empati sosial. Poster yang dihasilkan dari proses kreatif ini kemudian diikutsertakan dalam Bolu International Poster Design Competition, sebuah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Universitas Bolu Abant Izzet Baysal, Turki. Kompetisi ini dipilih karena memiliki reputasi sebagai platform internasional yang menyoroti isu-isu sosial global, selaras dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang telah disepakati oleh PBB. Dalam proses perancangan, metode design thinking diterapkan untuk menghasilkan solusi desain yang efektif dan relevan. Hasil akhir dari proses ini adalah sebuah poster yang tidak hanya menyampaikan pesan inklusivitas tetapi juga menekankan pentingnya kesadaran sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Poster ini diharapkan mampu memotivasi individu untuk lebih peduli dan bertindak nyata dalam mendukung kesetaraan dan inklusivitas di berbagai aspek kehidupan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Birch, J. (2012). Worldwide prevalence of red-green color deficiency. In Journal of the Optical Society of America A (Vol. 29, Issue 3, p. 313). Optica Publishing Group. https://doi.org/10.1364/josaa.29.000313
Brown, T. (2009). Change by design: How design thinking creates new alternatives for business and society. Collins Business.
Bowers, J., & Lister, M. (2020). Visual Communication: Theory and Practice. Routledge.
Coates K and Ellison A. (2014) An Introduction to Information Design. London: Laurence King Publishing Ltd.
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2020), 5 Stages in the Design Thinking Process. Interaction Design Foundation.https://www.interactiondesign.org/literature/article/5stagesinthedesignthinking process
Fakorede, S. T., Akpan, L. G., Adekoya, K. O., & Oboh, B. (2022). Prevalence and population genetic data of colour vision deficiency among students from selected tertiary institutions in Lagos State, Nigeria. In Egyptian Journal of Medical Human Genetics (Vol. 23, Issue 1). Springer Science and Business Media LLC. https://doi.org/10.1186/s43042-022-00287-9
Heller, S & Fernandes, T. (2015). Becoming a graphic designer: A guide to careers in design (5th ed.). John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey
Hollis, R. (2021). Graphic Design: A Concise History. Thames & Hudson.
Nuez, J. R., Anderton, C. R., & Renslow, R. S. (2018). Optimizing colormaps with consideration for color vision deficiency to enable accurate interpretation of scientific data. arXiv preprint arXiv:1712.01662
Kartika, K.K, Yenni, Halim, Y. (2014). Patofisiologi dan Diagnosis Buta Warna, Cermin Dunia Kedokteran. Jakarta, vol.41, No.4, pp.268-271, 2014.
Jamil, A., & Denes, G. (2024). Investigating Color-Blind User-Interface Accessibility via Simulated Interfaces. In Computers (Vol. 13, Issue 2, p. 53). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/computers13020053
Landa, R. (2019). Graphic Design Solutions. Cengage Learning.
Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Dimensi Press.
Stanford D School. (2010). An introduction to design thinkingProcess guide. In Hasso Plattner Institute of Design at Stanford University. Retrieved from https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L. pdf.
Poteat, V. P., & Spanierman, L. B. (2012). Modern Racism Attitudes Among White Students: The Role of Dominance and Authoritarianism and the Mediating Effects of Racial Color-Blindness. In The Journal of Social Psychology (Vol. 152, Issue 6, pp. 758774). Informa UK Limited. https://doi.org/10.1080/00224545.2012.700966
Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit Andi.
Rokhman, B. I., & Haswanto, N. (2024). Perancangan Website Kuliner Pecel Madiun Sebagai Media Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. In Malcom: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science (Vol. 4 Issue 1, pp. 212-223). Institut Riset dan Publikasi Indonesia. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1055.
Saini, S., Elvie, F.D., & Ita, S. (2022). Evaluasi Pemeriksaan Tes Buta Warna Menggunakan Metode Ishihara Berbasis Google Form Menggunakan Buku Ishihara. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education, 2(1), 42-51.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.13594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 bagus Insanu Rokhman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






