Desain Karakter Mitologi Dalam game Sebagai Pengenalan Budaya: Studi Kasus Games Hades
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran video game sebagai media pengenalan terhadap budaya, dengan genre mitologi Yunani. Dengan referensi mitos dan tokoh dewa dewi Yunani yang diaplikasikan dalam game sebagai bentuk visual, menjadi daya tarik game sebagai media pengenalan budaya. Dengan pendekatan kualitatif dan Systematic Literature Review (SLR), jurnal ini membahas mengenai pentingnya aset visual berupa konsep desain karakter pada game. Desain karakter akan menjadi nilai utama yang diperlihatkan kepada audiens sebagai keserasian dengan tokoh budaya, penggambaran dengan detail menarik dan keseluruhan visual akan membantu memperjelas visual genre dari game ini. Studi ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana game dapat menjadi media pengenalan budaya yang menarik, dengan bertemakan mitologi Yunani. Melalui game pengenalan budaya dapat lebih mudah diterima dan dapat melibatkan pengalaman bermain audiens. Hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan kesempatan dalam pengembangan game yang lebih edukatif dan menarik salah satunya pada bidang pengenalan budaya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andelina, I. R. (2020). Analisis Elemen Dalam Penciptaan Karakter Desain Di Dalam Ip Hypnosis Mic - Seiyuu X Rapper Project. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 7(2), 137. https://doi.org/10.22441/narada.2020.v7.i2.001https://doi.org/10.26499/ttbng.v7i1.141
Arum, R. P., Sholehah, A. M., & Fatmawati, F. (2021). Pemanfaatan Game Online Sebagai Permainan Edukatif Modern Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Buah Hati, 8(1), 3348. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1342
Carr, B. (2019). Virtual Vision: Applying Cultural and Critical Theory to Video Game Aesthetics in Lollipop Chainsaw. Southwestern Mass Communication Journal, 28(2). https://doi.org/10.58997/smc.v28i2.62
Isbister, K. (2016). How Games Move Us: Emotion by Design. The MIT Press. https://doi.org/10.7551/mitpress/9267.001.0001
Kim, B. (2020). Game Mechanics, Dynamics, and Aesthetics. Library Technology Reports, 51. Retrieved from search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=101029550&site=edslive&scope=site
Kim, Y.-A., Lee, J.-S., & Moon, H.-S. (2015). Mythology, Meet Movies, Amor Mundi. 344.
Lee, J.-H. (2017). A Study on the Effect of Character Story Originality, Character Attractiveness and Affinity on Character Product Preference. Journal of the Korea Entertainment Industry Association, 11(6), 4756. https://doi.org/10.21184/jkeia.2017.08.11.6.47
Lee, Wan-Bok, & Ryu, Seuc-Ho. (2016). An analysis of DIY Character System of Mobile Game. Journal of Digital Convergence, 14(9), 423429. https://doi.org/10.14400/JDC.2016.14.9.423
Lee, Y. (2015). Development and Proposal of Korean Character Based on the Story of Shim Cheong as a Motif. Journal of Korea Multimedia Society, 18(12), 15781585. https://doi.org/10.9717/kmms.2015.18.12.1578
Liang, Y., Xu, Y., Li, Y., & Pan, D. (2024). Culture Transcends the Ocean: Research on Chinese-style Games as a New Carrier for International Communication of Chinese Culture Taking the global impact of Black Myth: Wukong as an Example. Journal of Social Science and Humanities, 6(9), 146152. https://doi.org/10.53469/jssh.2024.6(09).25
Mao, H. (2024). A Study on Cross-Cultural Communication Factors of Black Myth Wukong. In M. F. B. Sedon, I. A. Khan, M. C. Birkk, & K. Chan (Eds.), Proceedings of the 2024 3rd International Conference on Social Sciences and Humanities and Arts (SSHA 2024) (pp. 700708). Paris: Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-259-0_73
Park, Hye-min. (2018). A study on Mythical-Motif Character design of the MOBA Genre. Hongik University.
Park, Hyemin, & Seo, G. (2019). A Study on Game Character Design Based on Mythical Motif: Focused on League of Legends. Journal of Digital Contents Society, 20(12), 23292340. https://doi.org/10.9728/dcs.2019.20.12.2329
Permana, I. (2012, August 29). video Game Sebagai Media Komunikasi Dalam Membentuk Citra Angkatan Bersenjata Amerika Analisis Isi Pada Game Call Of Duty: Modern Warfare 2. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/Video-Game-Sebagai-Media-Komunikasi-Dalam-Membentuk-Permana/fe778c715ccf38b478cafed7476cfd957e5b2076
Rahman, Y., Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (n.d.). Kepercayaan Masyarakat Yunani Terhadap Mitologi Dewa Dewi. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6.
?enyer, S., & Bostan, B. (2022). Narrative as a Game User Experience Dimension: An Experimental Study. In B. Bostan (Ed.), Games and Narrative: Theory and Practice (pp. 231246). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-81538-7_15
Shi, D. (2023). Enhancing the Quality of the Game with Art: A Case Study of the Game Wildfrost. Highlights in Art and Design, 3(3), 2831. https://doi.org/10.54097/hiaad.v3i3.11179
Smith, P. (2021). The Impact of Art Style on Video Games. Digital Media; Games and Interactive Media, 85.
Sondarika, W. (2015). Peradaban Yunani Kuno. Jurnal Artefak, 3, 195206. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v3i2.338
Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.806
Violeta, K. N. (2020). Kajian Karakter Fiksi Arthur Pendragon Dalam Pendekatan Levels Of Identity Dan Hubungannya Dengan Transmedia Storytelling. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 13(1), 2434. https://doi.org/10.31937/ultimart.v13i1.1356
Yuan, H. (2014). Analysis of Multicultural Identity in Films: From the perspective of Cross cultural Communication. Social Sciences Og Jiangxi, 239242.
Yusanti, E. (2019). Fungsi Mitos Dalam Kehidupan Masyarakat Pulautemiang, Jambi [The Function of Myth in Pulautemiang Societys Life, Jambi]. Totobuang, 7(1), 171. https://doi.org/10.26499/ttbng.v7i1.141
Thom 0Clock (31 Agustus 2024). Breaking Down The Hades Art Style | Render Breakdown. [Video]. https://youtu.be/abHLAgvhUGs
Noclip Video Game Documentaries ( 21 Juni 2019). How Supergiants Game Create Music & Art - Developing Hell #03. [Video]. https://youtu.be/oQPk9J7spw0
Ludiscere (8 Mei 2021) The Mythology Behind Hades. [Video]. https://youtu.be/2y4aGe0Y-K0
Game8 | News & Reviews (9 Mei 2024) How Hades Brought Sexy Back | Game8 Video Essay. [Video]. https://youtu.be/dq1Z6SFZQRY
store.steampowered.com (17 September 2020) Hades. [Game]. https://store.steampowered.com/app/1145360/Hades/
Paul, J.Zac (2014, October). Why Your Brain Loves Good Storytelling. Harvard Business Review. https://hbr.org/2014/10/why-your-brain-loves-good-storytelling
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.13556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Riyadh Abqari, Ganis Resmisari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






