Perancangan Ulang Identitas Visual Kurnia Jaya Laundry Sebagai Brand Awareness
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan usaha laundry telah mengalami peningkatan yang signifikan. Fenomena ini sejalan dengan permintaan yang terus meningkat dari masyarakat akan layanan pencucian pakaian yang praktis dan efisien, penting bagi perusahaan untuk memiliki identitas visual yang kuat untuk membedakan dari pesaing dan meningkatkan brand awareness. Penelitian ini fokus pada perancangan ulang identitas visual Kurnia Jaya Laundry, sebuah bisnis laundry yang ingin memperkuat posisinya di pasar lokal. Identitas visual mencakup elemen-elemen seperti logo, palet warna, tipografi, dan elemen grafis lainnya yang secara keseluruhan mencerminkan karakter dan nilai-nilai perusahaan. Dalam konteks Kurnia Jaya Laundry, perancangan ulang identitas visual bertujuan untuk menciptakan kesan yang lebih profesional dan menarik, serta untuk meningkatkan pengenalan merek di kalangan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan kualitatif deskriptif meliputi pengumpulan data, pengolah data, dan merancang. Hasil dari analisis ini digunakan untuk merancang elemen-elemen baru yang akan mencerminkan kualitas dan keunikan dari layanan laundry yang ditawarkan oleh Kurnia Jaya Laundry. Proses desain juga melibatkan umpan balik dari stakeholder untuk memastikan bahwa identitas visual yang baru efektif dalam meningkatkan brand awareness. Hasil dari perancangan ulang ini salah satuya adalah graphic standard manual yang menjadi panduan perusahaan agar konsisten dalam identitas visual dan diharapkan dapat memperbaiki citra merek Kurnia Jaya Laundry, meningkatkan daya tarik visual, dan akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan bisnis melalui peningkatan pengenalan merek dan loyalitas pelanggan. Dengan identitas visual yang lebih kuat dan konsisten, Kurnia Jaya Laundry dapat lebih efektif bersaing di pasar dan menarik lebih banyak pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggoro, M. Linggar. 2000. Teori dan profesi kehumasan. Jakarta: Grafiti Press
Daly, Aidan, Deirdre Moloney. 2004. Irish Marketing Review vol. 17
Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga
Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.
Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI. Rustan, Surianto. (2013).
Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Knapp, Duanne E, 2001.
The Brand Mindset. Muzellec, Laurent, Manus Doogan, and Mary Lambkin. 2003.
Corporate RebrandingAn Exploratory Review Irish Marketing
Rustan, Surianto. 2009.
Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.
Tjiptono, Fandy, 2015.
Brand Management & Strategy. Toker, Meltem. (2022). Seni Sukses. Istanbul : Meltem Toker.
Teori Warna – Dasar Desain Grafis (https://www.handayaninews.id/2023/03/teori-warna-dasardesain-grafis.html)
Memahami warna melalui teori Prang Color Wheel
https://dkv.binus.ac.id/2015/08/26/memahami-warna-melalui-teori-prang-color-wheel/)
Danton sihombing, Library Binus, 2013201796DSBab2001 - page 6 of 13 (http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2013201796DSBab2001/page6.html)
Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, F Ramadayanti
(file:///C:/Users/rauli/Downloads/6690-16307-1-PB.pdf)
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.13527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ida susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.