Desain Stillomatic Konten 1001 Indonesia Bagi Perluasan Daya Jangkau Penyampaian Pesan Keindonesiaan

Rambo Anzhar Moersid, Rio Satriyo Satriyo, Vicky Septian Rachman, Aditya Nur Arif, Daffa Dzakwan Naufal

Abstract


Keberagaman alam, sejarah, dan budaya Indonesia merupakan kekayaan yang penting untuk dipahami oleh masyarakat luas. Pendidikan berperan sebagai faktor utama dalam mendistribusikan pengetahuan tersebut. Penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran dinilai efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa, mempermudah pemahaman, dan memperkuat penyampaian pendidikan multikultural yang telah diintegrasikan dalam Kurikulum Merdeka. Berdasarkan data APJII 2023, mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah Gen Z yang cenderung mengakses konten video online, sehingga hal ini menjadi tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi tentang keberagaman Indonesia. Metode yang digunakan melibatkan transformasi konten ke dalam bentuk visual berupa animatic storyboard atau stillomatic. Peneliti mengembangkan artikel “Kain Tenun Endek, Kain Tradisional Bali yang Sarat Makna” dari web "1001 Indonesia". Melalui visual stillomatic dan cerita yang mendalam tentang kain Tenun Endek membuktikan bahwa penelitian mampu mempengaruhi persepsi orang terhadap warisan budaya. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pelestarian budaya Indonesia, penelitian ini telah menciptakan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan di sekolah-sekolah untuk mengajarkan sejarah dan makna di balik kain tenun tradisional, sekaligus memperkuat identitas budaya di kalangan generasi muda. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi pada topik Prioritas Riset Nasional terkait inovasi, pengkayaan seni, dan industri kreatif.

Keywords


keberagaman; keindonesiaan; video pembelajaran; animasi; stillomatic.

References


Andhika, B. 2022. Penciptaan Film Animasi 2d “Di Balik Buku” Bertemakan Slice Of Life. Publikasi Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Darmo, B., Angela, S. J., & Warjoyo, J. G. (2023). Visualisasi Lagu “Berani Ke Dokter Gigi” Sebagai Video Animasi Edukasi Anak Usia Dini. Jurnal VISUAL, 19(1).

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/wujudkan-kelas-yang-menyenangkan-melalui-video-pembelajaran

Furqon, A., N., F. 2022. Pembuatan Animatic Storyboard Dan Production Clean Up Dalam Film “Volcanid : Rise Of The Garudha” Episode 1. Publikasi Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Hibatullah, M. H., Harthoko, T., & Atmani, A. K. P. (2017). Penciptaan Film Animasi 2D Diadaptasi Dari Puisi “Engkau”. Journal of Animation and Games Studies, 3(1), 83-110.

Ignatius, J., Febriani, R., & Putri, P. S. 2022. Analisis Perbandingan Teori dengan Proses Produksi Direktorat RMPI BRIN mengenai Proses Produksi Motion Graphics . Jurnal DKV Adiwarna, Vol. 1, No. 28.

Joesuli, Fajar Alkan. 2020. Eksplorasi Gerak Hiperbolik Karakter Patung Batu Pada Karya Animasi “The Lonely Stone : Moai”. Publikasi Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Kamarga, H., & Rachman, V. S. 2022. Perancangan Kampanye Pentingnya Air Mineral Terhadap Karyawan Kantor Berusia Muda Di Jakarta Dalam Bentuk Animasi. BHAGIRUPA, 2(1), 17-21.

Lestari, R., & Astuti, E. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbahasa Jawa Sebagai Media Pendidikan Unggah-Ungguh untuk Balita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3), 2759-2768. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4329

Nugroho, F., A. 2021. Penciptaan Film Animasi 2d “Act.” Dengan Teknik Rotoscoping Dan Fast Cutting”. Publikasi Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Nurdyansyah N, Fahyuni EF. Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Omar, MAM., & Ishak, M.S.A. 2011. Understanding Culture through Animation: From the World to Malaysia. Jurnal PengaJian Media Malaysia, Malaysian Journal of Media studies Vol. 13, No. 2, 2011 (1–9).

Rafik, MRSHM., Alimom, N., & Firdaus, N. 2020. Cultural Imperialism In Malaysian Animation. International Journal of Social Science Research, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 74-87, mar. 2020. ISSN 2710-6276.

Sri A. Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret. 2008.

Trianita, D., V. 2021. Penciptaan Film Animasi "Fallen Petals" Dengan Teknik Animasi 2d Digital. Publikasi Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta..




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.13424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rambo Anzhar Moersid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.