Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Santriwati Tuna Rungu Dalam Proses belajar Mengajar DI Pesantren Tahfidz Difabel
Abstract
Pola komunikasi sebagai salah satu komponen proses komunikasi sangat mirip dengan proses komunikasi itu sendiri. Proses komunikasi melibatkan serangkaian tindakan yang mengomunikasikan sinyal hingga pihak lain memberikan respons yang sama. Komunikasi interpersonal hanya dapat terjadi jika kedua belah pihak saling memperhatikan kebutuhan masing-masing dan memberikan respons yang tepat. Jika hal ini terjadi, maka hubungan yang terjalin ditandai dengan adanya semangat saling memperhatikan, pengertian, keakraban, dan pemahaman. Menurut Devito, keterbukaan, empati, dukungan, emosi positif, dan kesamaan merupakan ciri-ciri komunikasi interpersonal yang baik. Guru dan santri pondok pesantren tahfidz bagi difabel memiliki kemampuan komunikasi yang terbilang baik. Hal ini terlihat dari indikator komunikasi satu arah (aktivitas), dua arah (interaksi), dan multi arah (transaksi). Perilaku belajar santri dalam mata pelajaran agama dan umum tergolong sedang. Kemampuan santri dalam menggunakan isyarat nonverbal untuk mengekspresikan diri secara kreatif, belajar dengan cepat, dan memiliki kapasitas mental yang tinggi merupakan tanda-tanda tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad dan Harapan. (2014). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Anto Susanto. (2018). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMK Al-Fajar Kasui Way Kanan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arni Muhammad. (2019). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Ariyanti. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi Di Bank Syariah. Surakarta. Skripsi S-1. Universitas Muhammadiyah
Bryman, A. (2018). Social Research Methods. 3rd Edition. Oxford University Press., New York.
Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ibnu Mubaroq. (2020). “Pola Komuikasi di Pondok Pesantren Gintungan.” IAIN Salatiga
Moleong Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakar
Prof Dr. H. Noeng Muhadjir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sara-sisn
Sedarmayanti dan Syarifudin. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.13325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Aripani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.