Fotografi Sebagai Media Ilustrasi Pada Produk D'lilac Di Media Sosial Instagram

Ida susanti

Abstract


Di era digital ini masyarakat banyak menjual produk secara digital melalui media sosial. Maraknya menjual produk secara online memberi tantangan kepada para e-commerce untuk dapat menawarkan produknya secara online melalui media sosial yang dicitrakan melalui karya fotografi sebagai media ilustrasinya. Dalam menjual produk secara online konsumen dapat memutuskan untuk membeli atau tudak dari foto yang ditampilkan. Untuk itu dalam menjual produk di media sosial peran fotografi sangatlah penting untuk menarik perhatian dan  meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana membuat foto produk yang dapat menvisialisakan citra produk D’lilac. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang berdasarkan informasi studi pustaka, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian adalah bahwa peran fotografi sangat penting dalam penjualan produk D’lilac. Dari hasil penelirtian yang telah dilakukan maka dilakukan analisa sebuah foto yang digunakan sebagai ilustrasi dalam penjualan produk D’lilac di media sosial. Analisa foto dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana membuat foto produk menampilkan citra produk dari produk yang akan ditawarkan.


Keywords


Fotografi; Ilustrasi; Produk D’lilac; Media Sosial

References


Paulus, Edison dan Lestari, Indah, Laely. 2012. Buku Saku Fotografi : Still Life. Jakarta. PT Elex Komputindo

Nardi, Leo, Penunjang Pengetahuan Fotografi, Fotina Fotografika, Bandung, 1989.

Mulyanta, Edi S. Teknik Modern Fotografi Digital. ANDI. Yogyakarta. 2007.

Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada, Galangpress, group, 2003.

Karyadi, Bambang. 2015. Dasar Fotografi Digital 2. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Soeprapto Soedjono, Teori D-B-A-E (Discipline-Based Art Education) dalam Pendidikan Seni Fotografi, “Jurnal Seni”, Vol. IX/ 02-03/ 2003, BP. ISI, Yogyakarta, p. 218

Soedjono,Soperapto. 2010. Pot Pourri Fotografi. Jakarta: Trisakti.

Kayus Mulia, “STILL LIFE”: Mengubah Konsep dan Desain, Foto Media, No. 6/ 08/ 1996

Enterprise, Jubilee. 2012. Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komptindo

Firmansyah Anang, 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan : CV Penerbit Qiara Media

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i3.11190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ida susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.