Penerapan Ui/Ux Design Pada PR Package Sebagai Alata Untuk Mempromosikan Minuman Asal Cirebon Sirup Tjampolay

Putu Ghina Fakhira, Faaza Fauzan Azhiima, Abdurrouf Hanif Wahyudi, Sayyidi Afdhal Alfarras, Dandi Yunidar, Sheilla Andita Putri

Abstract


Maraknya minuman sirup yang beredar di pasaran, membuat sirup jadul yang pernah berjaya pada masanya mulai dilupakan masyarakat, seperti sirup Tjampolay khas Cirebon. Sirup Tjampolay terbuat dari olahan buah buahan alami yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dibandingkan dengan produk yang banyak beredar di pasaran sirup Tjampolay memiliki desain yang ketinggalan zaman sehingga kurang menarik perhatian kalangan muda. Kamipun merancang ulang desain kemasan yang dimiliki Tjampolay tanpa menghilangkan identitas asli yang Tjampolay miliki. Dari sini juga kami merancang sebuah pengalaman yang dapat pengguna rasakan melalui kemasan PR Package yang dapat menambah value dan mempopulerkan kembali sirup Tjampolay yang mulai dilupakan dengan penerapan UI/UX. Perancangan desain PR Package memanfaatkan sosial media yang menjangkau masyarakat luas yang bertujuan membangun tren dan menarik pengguna dengan menggunakan. Hasil dari perancangan berupa redesign logo Tjampolay dan PR Package dengan konsep tradisional modern dengan elemen khas Kota Cirebon.


Keywords


PR Package; UI/UX Design; Minuman.

References


Blessya, S. Y. (2021, Mei 6). Apa itu PR Package? Retrieved from Medium: https://latihid.medium.com/apa-itu-pr-package-3dfcf1ee7485

DeSantis, D. (2015). Making Music : 74 Creative Strategies for Electronic Music Produser. Germany: Ableton AG.

lamprecht, e. (2023, June 2). The Difference Between UX and UI Design: A Beginner’s Guide. Retrieved from Careerfoundry: https://careerfoundry.com/en/blog/ux-design/the-difference-between-ux-and-ui-design-a-laymans-guide/

The Importance of PR Packages. (2022, March 2022). Retrieved from College of Communication : PRLab Student Staffed Public Relation Agency: https://www.bu.edu/prlab/2022/03/07/the-importance-of-pr-packages/#:~:text=PR%20packages%20are%20packages%20of,it%20to%

Saputri, I. S. Y., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design)

Pada ECommerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 269-278.

Eugenia, M., Abdurrofi, M., Almahenzar, B., & Khoirunnisa, A. (2022).

Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 573-584. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1454

Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013).

Pengujian usability untuk meningkatkan antarmuka aplikasi mobile. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2(2), 83-93.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.11137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PUTU ARLA GHINA FAKHIRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.