Difusi Inovasi Sebagai Strategi Komunikasi Kampanye Sosial Ajaran Serat Dewaruci Yasadipura I
Abstract
Artikel ini membahas peran difusi inovasi sebagai strategi komunikasi dalam kampanye sosial yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran dalam Serat Dewaruci karya Yasadipura I. Difusi inovasi merujuk pada proses di mana ide, konsep, atau teknologi baru diterima, diadopsi, dan dapat disebarkan oleh individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Artikel ini menjelaskan bagaimana konsep ini dapat diterapkan secara efektif dalam konteks kampanye sosial yang bertujuan untuk memperkuat dan melestarikan nilai-nilai budaya tradisional. Melalui studi kasus dan penelitian kualitatif, artikel ini menggali strategi-strategi komunikasi yang efektif, seperti penggunaan media digital, sosial media, narasi yang kuat, dan keterlibatan komunitas lokal. Diskusi juga mencakup peran pemimpin pendapat (opinion leaders) dalam mempercepat proses difusi inovasi dalam konteks ajaran budaya. Dengan demikian, artikel ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana difusi inovasi dapat menjadi landasan yang kuat dalam mencapai tujuan kampanye sosial yang berfokus pada ajaran budaya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
AE Budiwaspada. 2020. “Pemodelan Strategi Kampanye Sosial Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis 7 Fase Kesedihan Kubler.” Desain 7 (03): 207–22.
Dharsono. 2016. Kreasi Artistik, Perjumpaan Tradisi Modern Dalam Paradigma Kekaryaan Seni. 1st ed. Karanganyar: Citra Sain, Lembaga Pengkajian dan Konservasi Budaya Nusantara.
Dharsono (Sony Kartika), Jakob Sumardjo, Matius Ali, Mudji Sutrisno, S.J., G.R. Lono L. Simatupang, Rahmanu Widayat, et al. 2010. ESTETIKA NUSANTARA Orientasi Terhadap Filsafat, Kebudayaan, Pandangan Masyarakat, Dan Paradigma Seni. Isi Press. Vol. 1. Surakarta: ISI Press Solo. http://repository.isi-ska.ac.id/978/1/PROSIDING ESTETIKA NUSANTARA.pdf.
Kuntowijoyo. 1999. Budaya Dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiarawacana.
Lancaster, L. C., & Stillman, D. 2002. When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins.
Mirzoeff, Nicholas. 1999. Pengantar Budaya Visual. London, New York: Routledge.
Perloff, Richard M. 1993. The Dynamics of Persuasion. New Jersey: L. Erlbaum Associates.
Purnengsih, Dharsono, AE Budiwaspada, Suyanto. 2020. “Concept of Culture Teaching in Serat Dewaruci by Yasadipura I.” Arts and Design Studies 84. https://doi.org/10.7176/ADS/84-03.
Purnengsih, I, S Sunarmi, A E B Waspada, and ... 2024. “Visualisasi Ajaran Kepemimpinan Sejati Tersirat Dalam Serat Dewaruci Karya Yasadipura I.” Jurnal … 11 (1): 203–14. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/20818%0Ahttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/download/20818/6378.
Rogers, Everett M and Douglas Storey. 1987. “‘Communication Campaign.’” In The Handbook of Communication Science, Edited by Charles R. Berger and Steven H. Chaffee, 817–46. Sage Publication. https://book.google.co.id/books?id=gH7F okTQTEC.
Venus, Antar. 2019. Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Edited by Jalaludin Rakhmat. Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.11121
Refbacks
Copyright (c) 2024 Iis Purnengsih, Sunarmi Sunarmi, Agung Ekobudiwaspada, Suyanto Suyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.