Desain Visual Karakter Tokoh Wayang Dewi Arimbi dalam Buku Ilustrasi Arimbi Kebijaksanaan Sang Raksesi

Kartika Mahardhini, Nurul Fatmiamzy

Abstract


Dewi Arimbi merupakan tokoh wayang yang dikenal sebagai Raksesi, sosok wanita yang tidak menyerah memperjuangkan cintanya kepada Bima. Karena kecantikan hati dan ketulusan cintanya, membuat DewiKunti (ibundadari Bima) menyukai Arimbi dan mengubahnya menjadi sosok wanita yang jelita. Disisi lain sifatnya yang patut menjadi teladan terutama bagi kaum perempuan, serta sedikitnya masyarakat  yang tahu akan tokoh DewiArimbi, perlunya pelestarian wayang yang diikuti perkembangan zaman. Maka dari itu karakter visualisasi tokoh wayang Dewi Arimbi dalam buku ilustrasi Dewi Arimbi, diciptakan agar masyarakat lebih mudah mengenal dan menerima, sehingga kesenian wayang Indonesia tetap lestari.

Keywords


Wayang; Dewi Arimbi; Raksesi; Ilustrasi

References


Solichin., dkk. (1994) Ensiklopedi Wayang Indonesia informasi. Bandung: Mitra Sarana Edukasi.

Heru, S., dkk. (2010) Rupa & Karakter Wayang Purwa. Jakarta: Kaki langit Kencana.

Suwandi K. (2013) Wayang Kulit Purwa (Gaya Surakarta). Tugu Utara: CV. Trias Grafika.

Amrih, P. (2009). The Darnes Of Gatotkaca. Jogjakarta: Diva Press.

Sabtodewo, Febrianto. (2014).

“Perancangan Visualisasi Tokoh Wayang Bambang Tetuka”. Journal, vol. 01, no. 02.)

Bandung Layung Kuning. (2011).

Atlas Tokoh – tokoh Wayang dari riwayat sampai silsilahnya. Yogyakarta: Narasi (Angota IKAPI).

Senawangi. (1999). Ensiklopedi Wayang Indonesia Jilid 1 (A B). Jakarta: PT Sakanindo Printama.

Sastranaryatmo, R. Mulyono.(1978). Serat Padalangan Ringgit Purwa IX. Jakarta: PN Balai Pustaka BP No. 443h

Pratama Dendi. (2011).

“WayangKreasi: Akulturasi Seni Rupa dalam Penciptaan Wayang Kreasi Berbasis Realitas Kehidupan Masyarakat”. Journal, Vol. 03 No.04.)

Ningrum Heru, Dharsono, dkk (2018).

“Reinterpretasi Motif Puncak Rabuang Pada Media Teko”. Journal, Vol. 03 No. 02)

Wahyudin, Subandi Wahyudi, dkk (2015). “Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung Berbasis 3D Dengan Menggunakan Google Sketchup & After Effect”. Journal, Vol. 2 No. 2)

“Definisi Visualisasi, Animasi dan Simulasi dan Contoh”. (23/11/2018), http://skp.unair.ac.id/repository/web-pdf/web_Definisi_VisualisasiAnimasi_da_GUuruh_Haryanto.pdf.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kartika Mahardhini, Nurul Fatmiamzy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.