Hibridasi Sajian Karawitan Jawa Menggunakan Instrumen Gamelan Dan Syntheziser Pendekatan Rasa Manusiawi

Iwan Budi Santoso, Wahyu Purnomo, Muh Zakki Kurniawan

Abstract


Penelitian berjudul Hibridasi Sajian Karawitan Jawa Menggunakan Instrumen Gamelan Dan Gamelan Syntheziser Dengan Pendekatan Rasa Manusiawi (Eksperimen Rekaman Gending) didasari dari keprihatinana peneliti pada saat melihat dan/atau mendengarkan sajian karawitan Jawa. Sebagaimana yang didengarkan peneliti pada sajian karawitan Jawa yang menggunakan instrumen gamelan syntheziser terjadi pergeseran nilai estetika bunyi. Sajian karawitan Jawa menggunakan gamelan syntheziser terasa mencaut akar estetika sajian gamelan dari akar budayanya. Persoalan ini membawa dampak yang siginfikan akan pelestarian karawitan Jawa. Berbagai faktor bunyi instrumen gamelan syntheziser sangat dipaksakan, sehingga meninggalkan nilai-nilai rasa manusiawi dan estetika bunyi dalam sajian karawitan. Peneiltian terapan ini menawarkan dan memberi solusi dalam sajian karawitan Jawa menggunakan gamelan syntheziser dan gamelan asli pada sajian karawitan Jawa melalui metode dan teknik rekaman. Metode yang dapat memberi solusi adalah bagaimana cara menyamakan persepsi bunyi instrumen gamelan syntheziser yang mendekati bunyi gamelan asli. Sedangkan rekaman adalah salah satu cara untuk mengkombinasikan dan/atau menggabungkan sajian gamelan syntheziser dengan gamelan asli dalam sajian rekaman karawitan Jawa yang akan dikonsumsi dan/atau didengarkan oleh masyarakat. Hasil penelitian akan berdampak pada kualitas dan estetika sajian Karawitan Jawa sesuai akar budayanya.


Keywords


Gamelan; syntheziser; karawitan Jawa; rekaman.

References


Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Djatnika, A. (2011). Dari Ritual ke Realitas Virtual ( Tinjauan Video Komersial Seni Pertunjukan Tradisi Yang Beredar di Bandung ). Itenas Rekarupa, 1, 70–84.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hartono. (2012). Perkembangan Estetika Musikal Seni Karawitan Jawa Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Pendukungnya. Media Seni Dan Desain, 1(1), 25.

Santoso, I. B., Sunarto, B., Santosa, S., & Mistortoify, Z. (2023). Ungkapan Estetika Karawitan Jawa pada Reproduksi Rekaman Gamelan Ageng Surakarta. Resital:Jurnal Seni Pertunjukan, 24(1), 10–21. https://doi.org/10.24821/resital.v24i1.8885

Solo, P. (2019). Ajak Siswa Berbudaya, Pemkot Hadiahkan Seperangkat Gamelan. https://surakarta.go.id/?p=12521

Supanggah, R. (2002). Bothekan Karawitan I. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Wadiyo, W., Haryono, T., Soedarsono, R. M., & Ganap, V. (2011). Campursari Manthous : Antara Musik Jenis Baru dan Fenomena Sosial Masyarakat Pendukung. HARMONIA : Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 11(2), 115–124. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia

Walsh, J. (2020). Menggunakan Seri Overtone. https://jazz-library.com/articles/overtone-series/

Zamani, L. (2018, August 12). Hibah Gamelan ke Tiap Kelurahan, Cara Pemkot Surakarta Lestarikan Warisan Budaya. https://regional.kompas.com/read/2018/08/12/12143831/hibah-gamelan-ke-tiap-kelurahan-cara-pemkot-surakarta-lestarikan-warisan




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.11030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 iwan budi santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.