Penerapan Ragam Hias Batik Mega Mendung Pada Desain Kemasan Botol Air Mineral

Riean Fairuz Zahran, Teguh Kurnia Ramadhan

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman kemasan tidak lagi semata sebagai pelindung tetapi, sebagai ciri khas atau pembeda dengan produk pesaing agar produk mudah diingat oleh masyarakat serta dapat menigkatkan penjualan produk di pasaran. Selain itu, kemasan bisa menjadi wadah penerapan kreativitas atau karya seni. Dalam penulisan kali ini penulis menerapkan karya seni nusantara yaitu ragam hias batik Mega Mendung pada sketsa kemasan produk botol air mineral. Motif ragam hias Mega Mendung identik dengan bentuk awan dan menjadi ikon batik daerah Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali ragam hias yang ada di Indonesia khusunya ragam hias batik Mega Mendung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa pengenalan mengenai unsur visual dari motif batik Mega Mendung yang kemudian akan diterapkan pada desain kemasan botol air mineral dengan motif ragam hias tersebut.

 


Keywords


kemasan, botol, ragam hias, mega mendung

References


Anas, B. (1997). Indonesia Indah : Batik. Yayasan Harapan Kita/ PB 3 TMII, Jakarta.

Baidlowi, H., & Daniyanto, H. (2003). Arsitektur Permukiman Surabaya. Surabaya: Karya Harapan.

Bartel, M, (1999). Elements and Principole of Design .Goshen College Press.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Wuri. (2018). Bentuk, Makna dan Fungsi Seni Kerajinan Batik Cirebon. ATRAT.

Joedawinata, A., (2005). Unsur-unsur Pemandu dan Kontribusinya dalam Peristiwa Perwujudan Sosok Artefak Tradisional dengan Indikasi-indikasi Lokal yang Dikandung dan Dipancarkannya (Studi Dalam Konteks Keilmuan Seni Rupa, Kriya dan Desain Dengan Cirebon dan Artefak Kriya Anyaman Wadah-wadahan Sebagai Kasus). Institut Teknologi Bandung

Kusumowardhani, P. (2016). Aplikasi Unsur Visual Ragam Hias Batik Trusmi Masina Cirebon Pada Perangkat Makan. Jakarta. Polimedia Publishing.

Kusumowardhani, P. (2016). Identifikasi Unsur Visual Bentuk dan Warna yang menjadi ciri khas Batik Trusmi Masina Cirebon. Politeknik Negeri Bandung.

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. (2006). Desain Kemasan. Jakarta.

Riadi, Muchlisin. (2016). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis Jenis Kemasan. www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html (diakses pada 7 Juli 2020)

Supriyadi, B.,Wijayanti., Adimuyanto, E.,Utaryo, H. P., (2001) Karakteristik Akulturasi Budaya Dalam Arsitektur Rumah Tinggal dan Pola Tata Ruang Di Desa Trusmi Cirebon. Universitas Diponegoro.

Syarif, L. (1986). Telaah Tentang Pembatik Masina di Desa Trusmi Cirebon. Institut Teknologi Bandung




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riean Fairuz Zahran, Teguh Kurnia Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.