Desain Karakter Tokoh Ki Bagus Rangin pada Visual Novel Perang Kedongdong

Feby Harmiriyanti, Santi Sidhartani

Abstract


Ki Bagus Rangin adalah salah satu tokoh utama dalam perlawanan melawan kolonialisme Belanda yang disebut dengan Perang Kedongdong. Peran dari Ki Bagus Rangin sangat berpengaruh dalam berkembangnya peperangan tersebut. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengangkat kembali sejarah lokal yang jarang diketahui secara umum oleh masyarakat karena tidak dijadikannya pahlawan lokal menjadi pahlawan nasional. Dengan upaya membangkitkan kembali sejarah lokal di era globalisasi yang sangat dekat dengan teknologi, maka dengan perancangan Visual Novel dapat menjadi solusi pendekatan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan survey. Maka perancangan karakter bagus rangin dalam game visual novel Perang Kedongdong ini mengambil gaya secara manga berdasarkan referensi jenis gaya gambar yang populer dikalangan target khalayak. dalam merancangan detail kostum dan properti yang digunakan pada karakter mengacu kepada dokumentasi dan referensi ilmiah sejarah peninggalan sejarah Perang Kedongdong.


Keywords


perang kedongdong; bagus rangin; visual novel

References


Amin, Z. (2015). Baban Kana: Ati Bagus Allah Kabul Sejarah Pesantren Babakan Ciwaringin dan Perang Nasional Kedongdong 1802-1919. Edisi Revisi. Bandung: Humaniora.

Purnaningsih, H., & Mulyana, A. (2017). Perlawanan Bagus Rangin: Perang Nasional Yang Terlupakan. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 6(1), 86-100.

Serba-serbi Iket Sunda yang harus kamu ketahui! (2017). Retrieved October 19, 2018, fromhttp://www.infobudaya.net/2017/12/serba-serbi-iket-sunda-yang-harus-kamu-ketahui/

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2017). Designing visual character of Raden Wijaya as historical figure in visual novel. International Journal Of Scientific & Technology Research, 6(11), 207-210.

Pratama, D., Gunarti, W., & Akbar, T. (2018, July). Mendesain kisah Majapahit dalam visual novel sebagai narasi permainan berbasis kebudayaan lokal. In Prosiding seminar nasional pemajuan seni untuk membangun kebudayaan dan peradaban yang berkepribadian (Vol. 16, pp. 85-97).




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Feby Harmiriyanti, Santi Sidhartani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.