Eksplorasi Resin Sebagai Media Pembuatan Gambar Kartun

Agus Fryaldo Girsang, Sumarsono Sumarsono

Abstract


Penciptaan karya ini dilatarbelakangi oleh kegemaran pelukis terhadap kartun. Berangkat dari berbagai media lukis yang berbeda dalam pengaplikasian setiap karya sebelumnya, penulis ingin mencari media yang belum pernah digunakan yaitu resin. Tujuan dari penciptaan karya ini adalah untuk mengeksplorasi bahan resin sebagai media sehingga tercipta seni lukis dengan tema kartun. Seni lukis bertema kartun ini menggunakan metode penciptaan yang dimulai dari ide, konsep, pendekatan tentang tema, pendekatan bentuk, pendekatan teknik, pendekatan media dan pendekatan gaya, kemudian dilanjutkan tahap visualisasi dan perwujudan. Karya yang dihasilkan sebanyak 12 lukisan, semuanya menggunakan media resin. Pemanfaatan media yang dapat dijumpai sehari-hari menjadi penunjang media karya. Karya pertama pada media piring dengan tema kartun pou, karya kedua pada mankuk dengan tema kartun angry birds, karya ketiga pada mangkuk dengan tema angry birds, karya keempat pada nampan dengan tema kartun gojo, karya kelima pada piring dengan tema kartun super mario, karya keenam pada nampan dengan teman kartun plants vs zombie, karya ketujuh pada nampan dengan teman plants vs zombie, karya kedelapan pada piring dengan tema kartun plants vs zombie, karya kesembilan pada piring dengan tema kartun super Mario, karya kesepuluh pada piring dengan tema kartun the amazing world of gumball, karya kesebelas pada piring dengan tema kartun the amazing world of gumball, dan karya kedua belas pada nampan dengan tema kartun the adventure time.


Keywords


Ekplorasi; resin; media; gambar; kartun.

References


Hawkins, Alma M. 1990, Mencipta Lewat Tari, Terj. Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Imelda, Akmat Architecture Writer Studio. (2009). Seri Rumah Ide-Kaca & Fiberglass. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Istikharoh, Feni. (2018). Dental Resin Komposit. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Jean, Anastasia. (2013). Kupas Tuntas Fiberglass. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Larry, Gonick. (2008). Kartun Riwayat Amerika. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Nahason Bastin. (2022). Apakah Itu Anime? Sidoarjo : Nahason Bastin Publishing

Robins, Deri. (2007). Menggambar Kartun. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Ilham, M., Purnengsih, I., & Rosalinda, H. (2022). Perancangan Film Animasi Wayang Komik Motion Berjudul Perang Baratayudha Hari ke-12. Cipta, 1(1), 7688.

Smith, C. (2015). Motion comics: the emergence of a hybrid medium. Writing Visual Culture, 7.

Willis, L. A., Kachur, R., Castellanos, T. J., Spikes, P., Gaul, Z. J., Gamayo, A. C., Durham, M., Jones, S., Nichols, K., & Han Barthelemy, S. (2018). Developing a motion comic for HIV/STD prevention for young people ages 1524, Part 1: Listening to your target audience. Health Communication, 33(2), 212221.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.10768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Agus Girsang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.