Analisis Makna Desain Font Judul Film dalam Poster sebagai Media Promosi

Lutfiyana Indriani Rahma, Latifah Rizqa Utami

Abstract


Suatu judul film merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada poster film yang memberikan gambaran makna film Desain komunikasi visual tidak bisa dilepaskan dengan tipografi sebagai unsur pendukungnya. Gaya atau tipe huruf dalam sebuah kata atau kalimat bukan saja dapat memberikan suatu makna yang mengacu kepada sebuah objek ataupun gagasan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyuarakan suatu citra ataupun kesan secara visual, karena huruf mempunyai nilai fungsional dan nilai estetik. Penulisan ini bertujuan memberikan inspirasi objek penelitian untuk menetukan tipe font yang sesuai dengan makna dari judul sebuah film. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah menggunakan pendekatan kualitatif sumber data primer dan data sekunder pendapat beberapa orang mahasiswa dan masyarakat umum yang suka menonton film. Hasil dari penulisan ini sebagai pemilihan typografi/font yang tepat dan akan di gunakan pada poster film agar audience bisa mentafsirkan film yang akan dilihat, sekaligus sebagai bahasa verbal yang dibuat menjadi simbol visualnya.

 


Keywords


Font; Tipe font pada Judul Film; Poster Film

References


Adityawan, Arif. Tinjauan Desain, dari Revolusi Industri hingga Postmodern. Universitas Tarumanegara

UPT Penerbitan, 1999.

Aynsley, Jeremy. A Century of Graphic Design. Michell Beazley, Octopus Publishing Group Ltd. 2001.

Baksin, Askurifai.(2003). Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Katarsis Budiarti, L., &

EBW, A.(2009). Diktat Metodologi Penelitian DKV.

Green, Tom.(2008). 7SRJUDSK,W¶V$OO$ERXW/HJLELOLW. Diakses pada 12 Mei 2010

dari w.w.w:http:tomontheweb2.ca/CMX/4D5E2. Kusmiati, A.,Pudjiastuti, S., &

Suptandar, P.(1999). Teori Dasar Disain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan

Kusrianto, Adi.(2007). Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Andi

Nugroho, Fajar.(2007).Cara Pinter Bikin Film Dokumenter. Yogyakarta: Indonesia Cerdas

Sarwono, Jonathan & Hary, Lubis.(2007). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual.

Yogyakarta: Andi.

Sihombing, Danton.(2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia

Sosiawan, Edwi.(2004). Sinematografi. Diakses pada 19 November 2009 dari

w.w.w:http:edwias.com

Sosiawan, Edwi.(2004). Charles Derry:Dark Dreams: A Psychological History of the Modern

Horror Film. Diakses pada 19 November 2009 dari w.w.w:http:edwias.com

Purnama, Pupung.(2002). Tutorial Tipografi Bagian 2 : Anatomi Tubuh. Diakses pada 12 Januari

dari w.w.w:http:master.web.id.mwmag/issue/07/content/tutorialtipografi2/tutorial-tipografi-2.html

https://www.uin-malang.ac.id/r/100601/jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html

https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth-interview-wawancara-mendalam/

http://sosiologis.com/metode-penelitian-kualitatif

https://www.dosenpendidikan.co.id/tipografi-adalah/

https://kelasdesain.com/konsep-desain-poster-film/




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Latifah Rizqa Utami, Lutfiyana Indriani Rahma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.