Analisis Semiotika Makna Pesan Dalam Iklan Oreo “Penuh Keajaiban” Versi Hiu

Firman Syidik Ramdani, Indah Safitri, Nurulfatmi Amzy

Abstract


Pada tahun 2015 lalu salah satu perusahaan biskuit dengan merek dagang Oreo mengeluarkan iklan dengan tema “Penuh Keajaiban” yang dibuat dalam beberapa versi untuk memperluas target pasarnya. Iklan tersebut dibuat dengan menampilkan visual animasi dengan jingle yang menarik. Artikel ini akan mengkaji salah satu dari seri iklan yang dikeluarkan Oreo tersebut dengan versi karakter hiu. Iklan sebagai media paling efektif dari serangkaian kegiatan untuk mempromosikan produk dan merupakan suatu bentuk informasi dari produsen kepada konsumen. Dengan konsep yang baik, Iklan Oreo ini dapat menarik perhatian dan mudah diingat oleh audiens. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan serta citra apa yang ingin disampaikan Oreo pada iklannya yang bertemakan “Penuh Keajaiban” dengan versi karakter hiu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengunakan data-data literatur terkait dengan objek kajian ini, dan dengan pendekatan teori semiotika Roland Barthes. Dengan teori semiotika, penulis menganalisa komponen-komponen tanda yang ada pada iklan dan membaginya menjadi tiga jenis yaitu denotasi, konotasi dan mitos untuk memahami makna dari iklan. Hasil penelitian ini bahwa pesan yang ada pada iklan Oreo tema penuh keajaiban seri hiu ini merupakan visualisasi dari segmentasi target pasar dari produk oreo yang mencangkup semua kalangan dan citra yang ingin dibangun oleh Oreo.

Keywords


Iklan, Pesan, Semiotika, dan Oreo”Penuh Keajaiban”

References


Ambarini. “SEMIOTIKA TEORI DAN APLIKASI PADA KARYA SASTRA.” : 55. Andrianto, Novan. 2018. “Pesan Kreatif Iklan Televisi Ramadan 2017 : Analisis Isi Iklan ‘ Bahagianya Adalah Bahagiaku .” 2(March): 17–31. Barliana, M. Syaom. 1950. “S E M I O T I K A: TENTANG MEMBACA TANDA-TANDA.” : 1– 16. Iskandar, M Syahril. 2011. “Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi.” 3(1): 14–33. Lukitaningsih, Ambar. 2013. “IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN.” 13(2): 116–29. Nurfebiaraning, Sylvie. 2016. “STRATEGI KREATIF PESAN VIDEO ADVERTISING ‘ OREO Penuh Keajaiban ’ Pada YouTube.” : 35–46. Oreo Asia. 2015. Oreo Penuh Keajaiban Versi Hiu_30s. Indonesia. https://youtu.be/oSbH8hgq3hU. Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. “SEMIOTIKA : Teoti, Metode, Dan Penerapannya.” Sommerville, Ian. 2003. “Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak.” Pendidikan: 27. Sopianah, Siti. 2010. “Analisis Semiotik Terhadap Iklan Susu Bendera Edisi Ramadhan 1430 H Di Televisi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.” Skripsi (Analisis Semiotika): 1–79. Wibowo, Indiwan Seto. 2013. SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi Edisi 2. 2nd ed. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i3.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 indah safitri, firman syidik ramdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.