Pengaruh Keterampilan Teknik Graffito Terhadap Kemampuan Menggambar Flora Menggunakan Media Krayon Pada Siswa Kelas Iv Sd It Al Hijrah 2 Deli Serdang

Aisyah Rahmi, Sugito Sugito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh keterampilan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar flora dan seberapa besar pengaruh keterampilan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar flora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT AL Hijrah 2 Deli Serdang dengan jumlah 108 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan jumlah sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 27 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes praktik menggambar flora menggunakan media krayon dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil karya menggambar dengan teknik gradasi (Pretest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,33, sedangkan nilai rata-rata hasil karya menggambar dengan teknik graffito (Posttest) sebesar 82,1. Berdasarkan Uji Hipotesis nilai thitung yang diperoleh yaitu 7,45, dibandingkan ttabel berdasarkan tabel distribusi t pada taraf signifikansi ? = 0,05 yaitu sebesar 2,0017. Adapun kriteria penerimaan dan penolakan yaitu : jika hasil thitung < ttabel, maka Ho diterima dan tolak Ha (Tidak Ada Pengaruh), Jika hasil thitung ? ttabel , maka Ha diterima dan tolak Ho ( Ada Pengaruh). Ternyata thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) atau (7,45 > 2,0017) , maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar flora menggunakan media krayon pada siswa kelas IV SD IT AL HIjrah 2 Deli Serdang.

Keywords


Kemampuan Menggambar; Teknik Graffito; Menggambar Flora.

References


Balai, Pustaka. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Depdikbud

Kalsum, Umi. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dengan Teknik Graffito pada Anak di RA Nurul Huda Karang Rejo Stabat. Medan: Universitas Muhammadiyah Medan

Lesmana, Heru. (2007). Panduan Praktis Mewarnai dengan Krayon Seri Suasana. Jakarta: Wahyu Media

Lowenfeld, Viktor. (1958). Creative and Mental Growth Edisi 3. USA: The Macmillan Company

Lowenfeld, Victor dan Brittain, W. Lambert. (1975). Creative and Mental Growth. Six Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Mayar, Farida. (2022). Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish (cv Budi Utama)

Mesra, (2014). Menggambar Bentuk 1. Medan: Unimed Press

Nizam, Syahrul. (2020). Kemampuan Menggambar Flora Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Cina Kabupaten Bone. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Panda, Lediana: Wijayanti, Rina: dan Asmah Ayu. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengekspresikan Karya Seni Gambar Dengan Teknik Grafito Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Trisula I Perwari Singosari Kabupaten Malang, 3, 996-1002

Poewadarminta W.J.S. (1986). Kamus Besar Umum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pratama, Rian Budi (2015). Panduan Lengkap Menggambar dengan Krayon. Jakarta Selatan: Cikal Aksara

Raindriati Rizki, dan Dewi M.A. (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk Kelas 1 SD. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Restian, Arina. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar, Malang: Muhammadiyah Malang.

Soehardi, Sigit. (2003). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis Manajemen, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Penerbit Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Sulistyo, Erlangga (2016). Panduan Lengkap Menggambar dan Mewarnai dengan Krayon. Jakarta Selatan: Cikal Aksara

Sugito, dan Harahap. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Seni Rupa. Medan: Unimed Press

Susanto, Mikke. (2002). Diksi Rupa Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisiu.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.10390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aisyah Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.