Kosa Rupa: Pedoman Media Dan Metode Menggambar Interaktif Berbasis Gaya Belajar Bagi Guru Sd Menuju Sdgs

Hadi Alhail

Abstract


Guru kelas 3 MIN 3 Serdang Bedagai, Sumatera Utara memiliki kendala dalam mendemontrasikan pembelajaran yang berkaitan dengan menggambar, kewalahan dalam menemukan potensi peserta didik, serta adanya tuntutan implementasi dimensi kreatif pada kurikulum merdeka yang harus dipenuhi guru dengan mandiri, tanpa dibekali pelatihan dan media pendukung implementasi. Penelitian ini menjawab keresahan yang dialami oleh guru dengan melakukan pengembangan pada buku kosa rupa, menggunakan metode R&D di MIN 3 Serdang Bedagai melalui 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation and evaluation. Aspek yang dikembangkan adalah visual, isi/konten/materi, IPTEK. Pengembangan ini memberikan 9 pembaharuan yakni: 1) Tampilan visual, 2) Penambahan 2 tema (kemerdekaan dan bawah laut), 3) Pemisahan video tutorial menggambar kosa rupa dengan mewarnai kosa rupa, 4) Penambahan literatur pada penggunaan kosa rupa, 5) Penambahan literasi gaya belajar, 6) Penambahan literasi penerapan kosa rupa di dalam kelas, 7) Keterkaitan pada penyelesaian masalah pendidikan yang berkualitas pada SDGs, 8) Kode QR, dan 9) Penambahan musik klasik.

Keywords


Gaya Belajar; Kosa Rupa; Media Pembelajaran; SDGs

References


BAPPENAS. 2023. Sekilas SDGs: https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/

BAPPENAS, Kementerian PPN. 2020. Metadata Indikator TPB/SDGs Indonesia: Pilar Pembangunan Sosial. Jakarta: Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

KEMENDIKBUD, BSKAP. 2022. Dimensi, Elemen, dan Sublemen: Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Mujala, Abdul, dkk. 2022. Pengembangan Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Kimia Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an.

Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Wiedarti, Pangesti. 2018. Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.10389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadi Alhail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.