Kosa Rupa: Pedoman Media Dan Metode Menggambar Interaktif Berbasis Gaya Belajar Bagi Guru Sd Menuju Sdgs
Hadi Alhail
Abstract
Guru kelas 3 MIN 3 Serdang Bedagai, Sumatera Utara memiliki kendala dalam mendemontrasikan pembelajaran yang berkaitan dengan menggambar, kewalahan dalam menemukan potensi peserta didik, serta adanya tuntutan implementasi dimensi kreatif pada kurikulum merdeka yang harus dipenuhi guru dengan mandiri, tanpa dibekali pelatihan dan media pendukung implementasi. Penelitian ini menjawab keresahan yang dialami oleh guru dengan melakukan pengembangan pada buku kosa rupa, menggunakan metode R&D di MIN 3 Serdang Bedagai melalui 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation and evaluation. Aspek yang dikembangkan adalah visual, isi/konten/materi, IPTEK. Pengembangan ini memberikan 9 pembaharuan yakni: 1) Tampilan visual, 2) Penambahan 2 tema (kemerdekaan dan bawah laut), 3) Pemisahan video tutorial menggambar kosa rupa dengan mewarnai kosa rupa, 4) Penambahan literatur pada penggunaan kosa rupa, 5) Penambahan literasi gaya belajar, 6) Penambahan literasi penerapan kosa rupa di dalam kelas, 7) Keterkaitan pada penyelesaian masalah pendidikan yang berkualitas pada SDGs, 8) Kode QR, dan 9) Penambahan musik klasik.
BAPPENAS, Kementerian PPN. 2020. Metadata Indikator TPB/SDGs Indonesia: Pilar Pembangunan Sosial. Jakarta: Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
KEMENDIKBUD, BSKAP. 2022. Dimensi, Elemen, dan Sublemen: Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Mujala, Abdul, dkk. 2022. Pengembangan Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Kimia Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Wiedarti, Pangesti. 2018. Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071