Perancangan Karakter Dyah Pitaloka pada Film Animasi Perang Bubat

Devvi Mutiarasani, Santi Sidhartani

Abstract


Perang Bubat merupakan peristiwa sejarah yang terjadi pada abad ke-14, yaitu tahun 1357 M. Kerajaan Sunda masuk kategori kerajaan besar dan tidak terkalahkan. Sampai akhirnya pecah Perang Bubat pada tahun 1357 M atau pada abad ke-14. Dyah Pitaloka adalah putri dari Raja  Sunda Linggabuana. Ia mendapat lamaran dari Prabu Hayam Wuruk. Namun sebelum bertemu dengan Prabu Hayam Wuruk, Ia tewas saat perang di Bubat. Sifat yang paling menonjol dari penggambaran kisah Dyah Pitaloka ialah sifat yang berani dalam membela kehormatan orang tuanya dan negerinya. Melalui perancangan film animasi ini diharapkan para generasi muda lebih tertarik untuk mengenal Dyah Pitaloka. Pembahasan tentang karakter animasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendesain pesan melalui elemen visual garis, bentuk, tekstur, dan warna. Melalui desain karakter animasi ini diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai karakter dari tokoh Dyah Pitaloka dalam Peristiwa Bubat.

Keywords


Perang Bubat; Dyah Pitaloka; Animasi

References


Gunawan, B. B. (2013). Nganimasi Bersama Mas Be!. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Handani, S. W., & Nafianti, D. R. (2017). Perancangan film pendek animasi 3 dimensi legenda Desa Penyarang. JURNAL INFOTEL, 9(2), 204-211.

Munandar, A A. (2009). Gajah Mada: Kuasa, cita-cita, dan Prahara. Bogor: Akademia.

Oktaviani, Y. O. (2013). Pengaruh Film Tanah Air Beta Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Pratama, D., Gunarti, W., & Akbar, T. (2017). Understanding visual novel as artwork of visual communication design. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(3), 292-298.

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2018). Designing Visual Novel Characters of Gajah Mada and Tribhuwana Tunggadewi As Representation of History Figures. Humanus, 17(1), 84-96.

Pratama, Y. A. (2015). Perancangan Komik Perang Bubat Berdasarkan Naskah Kidung Sundayana. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia: Bandung.

Suganda. H. (2015). Kerajaan Galuh: Legenda, takhta, dan wanita. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Sumarli, C. O., & Kurnianto, A. (2018). Developing karakter animasi berbasis kudapan khas Tionghoa. Jurnal Desain, 5(03), 162-173.

Supriatin, Y. M. (2018). Perang Bubat, Representasi sejarah abad ke-14 dan resepsi sastranya. Patanjala:Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 10(1), 51-56.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Devvi Mutiarasani, Santi Sidhartani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.