PERANCANGAN PARAMETER DENGAN METODE TAGUCHI UNTUK MENGOPTIMASI PROSES BLOW MACHINE PADA PT SANPAK UNGGUL

boksic rangga saputra

Abstract


Usaha pengendalian kualitas merupakan usaha preverentif (penjagaan) dan dilaksanakan sebelum kesalahan kualitas produk atau jasa tersebut terjadi, melainkan mengarahkan agar kesalahan kualitas tersebu tidak terjadi didalam perusahaan yang bersangkutan..Untuk itu perlu adanya pengendalian kualitas dengan metode Taguchi yang bertujuan agar dapat meminimalkan produk  yang gagal. Untuk  meminimumkan produk cacat yang akan dihasilkan pada proses produksi.Taguchi menghasilkan disiplin dan struktur dari disain eksperimen. Hasilnya adalah standarisasi metodologi desain yang mudah diterapkan oleh investigator pada suatu perusahaan yang terkait. PT Sanpak Unggul maka dengan itu melakukan analisa menggungakan metode Taguchi dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap hasil produk. penelitian proses produksi botol kemasan pada PT Sanpak Unggul didapat  rangking pada  tiap faktor terdapat keseragaman rancangan usulan untuk karakteristik kualitas bahwa rancangan usulan Dari analisa main effect didapat persamaan hasil rancangan parameter settingan mesin yaitu pada karakteristik kualitas bahwa rancangan usulan untuk eksperimen Taguchi adalah A level 1, B level 3, C level 1 , dan D level 3.

References


Devani,wahyuni.(2016).”pengendalian kualitas kertas dengan menggunakan SQC di mesin paper 3”.tidak diterbitkan.UIN sultan syarif: pekanbaru.

Eko saputro.(2015).” Aplikasi Metode Taguchi Untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan Pada Produk Paving.tidak diterbitkan. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah : Malang.

Emas.(2017).” Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Untuk Meminimumkan Produk Gagal Pada Toko Roti Barokah Bakery.tidak diterbitkan . Fakultas Ekonomi UPM: Probolinggo.

Ermawati,Hartati.(2014).” Aplikasi. Metode Taguchi Dalam Pengendalian Kualitas” Produksi.tidak diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin :Makassar

Sari,sudiartha.(2019).”pengendalian kualitas proses produksi kopi arabika pada PT. Cipta lestari di desa punjungan”. tidak diterbitkan. Fakultas ekonomi Universitas Udayana: Bali.

Sudarno ,dkk(2016).” Pendekatan Metode Six Sigma-Taguchi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk.tidak diterbitkan . fakultas Statistika FSM Universitas Diponegoro :semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.