Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Cetak Dengan Menggunakan Metode Taguchi Di PT. SOEN PERMATA

Janles Samosir

Abstract


Abstrak Pada penelitian untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mengabil tindakan untuk mengurangi terjadinya deffect atau cacat produk pada proses cetak dengan penerapan metode Taguchi dalam penyelesaiian masalah yang ada didalam proses produksi. Peningkatan kualitas didefinisikan sebagai suatu cara meningkatkan performansi secara terus menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia. Penelitian ini menggunakan metode Taguchi, metode yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk dan proses serta dapat menekan biaya dan resources seminimal mungkin. Sasaran metode Taguchi adalah menjadikan produk robust terhadap noise, karena itu sering disebut sebagai Robust Design. Pada tahap awal pelaksanaan metode perlu diketahui dulu faktor dan level faktor dari penelitian yang akan dilakukan. Kemudian  merencanakan kondisi eksperimen yang melibatkan beberapa faktor. Metode ini dikenal sebagai “ Design Of experiment” (DOE). Penentuam Orthogonal Array perlu dilakukan untuk mengetahui matriks dari sejumlah baris dan kolom. Dari pengolahan data maka dilakukan penyajian hasil pengolahan data dengan menggunakan metode Taghuci untuk menentukan strategi alternative yang dapat diterapkan perusahaan untuk mengetahui hasil setting optimal yang nantinya akan menjadi kombinasi terpilih yang perlu diterapkan pada proses cetak. Maka dalam penelitian ini telah menghasilkan setting level optimal yang perlu di terapkan pada stasiun kerja cetak yaitu dengan paduan timah sn (timah putih) 35% dan pb (timah hitam) 80%, temperature 4000C – 5000C, putaran mesin selama 10 detik, tuangan timah sebanyak 120ml-150ml, dan proses pendinginan dalam mesin selama 1 menit. Dengan tujuan untuk meminimalisasi kategori cacat, dengan kata lain penetapan karakteristik kualitas yang diinginkan pada perhiasan semakin rendah jumlah kategori kecacatan yang dihasilkan pada proses produksinya maka akan semakin baik.


References


Ahyari, Agus. (1995). Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi Buku I. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Assauri, sofjan. (2004). Manajemen dan Sistem Produksi. Jakarta: Grafindo.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bagchi. (1993). Enginering Methods For Robust Product Design ( Using Taguchi Methods In Technology and Product Development). Massachusetts: Addison Wesley Publishing Company.

Balavendram, N. (1995). Quality by Design Taguchi Techniques For Industrial Eksperimentation. London: Prentice Hall Internasional.

Feigenbaun,A.V. (1992). Kendali Mutu Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Ginting, Rosnani. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasution,M.N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ross, P.J. (1989). Taguchi Techniques For Quality Enginering. Singapore: McGraw-Hill Book Company.

Saludin. (2016). DESAIN UNTUK SIX SIGMA Cara Efektif Membangun Kinerja & Proses Prima Dari Tahap Awal. Jakarta: Mitra Wacana Media

Taguchi, G. (1993). Taguchi on Robust Technology Development. New York: Genichi Taguchi ASME.

Tjiptono, Fandy., & Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: Andi

Vincent, Gaspersz. (2005). Total Quality Management, Cetakan Kelima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yamit, Zulian. (2000). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonosia.

Anggraini, Dian., Shanty, K. D., & Thomy, E, S. (2015). Aplikasi Metode Taguchi Untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan Pada Produk Paving. Jurnal Teknik Industri, 16(1). 1-9.

Ernawati., hartati. (2014). Aplikasi Metode Taguchi Dalam Pengendalian Kualitas Produksi. Jurnal Teknosains, 8(2). 185-194.

Iswanto, A., Jabar, M. R., & Elisabeth, G. (2013). Aplikasi Metode taguchi Analysis dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Untuk Perbaikan Kualitas Produk di PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri, 2(2). 13-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.