Usulan Penjadwalan Produksi Dengan Pendekatan Variable Neighbourhood Descent dan Integer Linear Programming Untuk Meminimalisasi Makespan

Fikri Haikal

Abstract


Pada Penelitian ini untuk memberikan usulan penjadwalan produksi yang optimal sehingga dapat mengatasi keterlambatan penyelesaian produksi dengan melihat hasil dari metode Interger Linear Programming atau Variable Neighborhood Descent (VND. Untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan produksi penelitian ini menggunakan metode Variable Neighbourhood Descent dan Interger Linear Programming. Variable neighborhood descent (VND) merupakan salah satu pengembangan konsep dasar yang diambil dari VNS. Perbedaan antara VNS dan VND terletak pada perubahan neighborhood, VND melakukan perubahan neighborhood secara deterministik sedangkan VNS melakukan perubahan neighborhood secara acak (random), Integer programming adalah sebuah Linear Programming yang memiliki tambahan persayaratan yaitu semua atau beberapa variabel bernilai bulat dan tidak negatif. Model matematika untuk ILP adalah model program linier dengan ditambahkan batasan bahwa variabel yang digunakan harus berupa bilangan bulat (integer). Maka metode Variable Neighborhood Descent (VND) dengan menggunakan pendekatan penjadwalan non delay dapat membuat usulan penjadwalan produksi yang meminimalkan waktu maskepan. Untuk metode Interger Linear Programming sebuah metode optimasi dengan hasil bilangan bulat yaitu dapat mengurangi waktu tardiness (keterlambatan penyelesaian) dengan memaksimalkan kapasitas mesin yang digunakan. Dari hasil perhitungan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dijadikan sebagai dasar dan acuan yaitu penjadwalan produksi dengan metode integer linear programming karena total makespan lebih cepat dibanding dengan metode variable neighbourhood descent dengan total makespan sebesar 47,16 jam atau 2830 menit dan 7 hari penyelesaian produk dengan total permintaan 2245 pcs selama bulan Juni-Agustus, untuk urutan job penjadwalan produksi yaitu Fiore Ring, Anklets, Brooch gold, Brooch Silver, Ear Ring, Spriral Ring.


References


Berlianti, I. Miftahol Arifin. (2010). Teknik-Tenik Optimasi Heuristik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Biegel, Jhon E. (2007). Pengendalian Produksi, Jakarta: Akademika Perindo.

Ginting, R. (2009). Penjadwalan Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

H. A. Taha. (2004). Operations Research An Introduction (For VTU). India : Pearson Education.

Kakiay, Thomas J. (2008). Pemrograman Linear Metode dan Problema. Yogyakarta: Andi Offset.

Khairani Sofyan, Diana. (2013). Perencanaan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., & Hari, P. (2005). Penyelesaian Masalah Optimasi Menggunakan Teknik-teknik Heuristik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari Witri, Arif Rahman Hakim. (2016). Program Linear. Jakarta: Unindra Press.

Ristono, A. Puryani. (2011). Penelitian Operasional Lanjut. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ristono, A. Puryani. (2012). Penelitian Operasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswanto. (2006). Operations Research. Jakarta: Erlangga.

Wahid, Fathul. (2004). Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, Andi. (2014). Pengantar Riset Operasi. Bogor: Mitra Wacana Media.

Zulfikarizah, Fien.(2004). Operations Research. Malang: Bayu Media.

Respati YA, Zaini E., & Imran A. (2015). Model Penjadwalan No-Wait Job Shop Menggunakan Algoritma Variable Neighbourhood Descent Dengan Threshold Untuk. Reka Integra. 03(01).108-118.

Hartini S, Zaini E, & Imran A. (2014). Algoritma Penjadwalan Job Shop Alternatif Routing Menggunakan Variable Neighborhood Descent With Fixed Threshold Untuk Minimasi Makespan. Reka Integra. 01(04), 269-28.

Livia CY., & Oktiarso T. (2017). Penjadwalan Untuk Memininimalkan Total Tardiness Dengan Metode Integer Linear Programming. JTIUMM. 18(02),127-137.

Utomo, Malinda M. Emsosfi Zaini, & Arif Imran. (2014). Algoritma Penjadwalan Job Shop Kelompok Mesin Homogen dan Heterogen Menggunakan Variable Neighborhood Descent with Fixed Threshold Menggunakan Kriteria Minimasi Makespan. Reka Integra. 2 (2). 110-121.

Utama DM. (2016). Analisa Perbandingan Penggunaan Aturan Prioritas Penjadwalan Pada Penjadwalan Non Delay N Job 5 Machine. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). 02(03).19-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.