Pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik adaptive terhadap kedisiplinan remaja di Lubuk Basung

Annisa Febriyani, Dodi Pasila Putra

Abstract


Disiplin belajar merupakan ketaatan atau kepatuhan yang mengharuskan remaja mengikuti aturan yang berlaku dalam belajar. Disiplin sangat penting dalam kehidupan dan perilaku remaja. Layanan konseling kelompok adalah suatu layanan konseling yang menimbulkan hubungan yang hangat, akrab, terbuka dan nbergairah yang memungkinkan antaranggota saling memberi dan menerima. Melalui konseling kelompok individu mampu meningkatkan kemampuan pribadi serta mengatasi masalah-masalah pribadi secara berkelompok. Teknik yang efektif digunakan pada layanan konseling kelompok yaitu teknik adaptive. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik adaptive terhadap kedisiplinan remaja di Lubuk Basung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatf eksperimen dengan model penelitian the one group pre test-post test design. Untuk pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan subjek sebanyak 10 remaja. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik adaptive.


Keywords


konseling kelompok; teknik adaptive; kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A.A Ngurah. 2015. Konseling Kelompok: Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Al’Ain, Mitra Oktafisi. 2013. Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA (Himpunan Mahasiswa) Prodi Psikologi FIP, UNESA. Character, Volume 02,Nomor 01.

Amri,Sofian. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013, Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Amti, Erman dan Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, In Rineka Copta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen penelitian. Jakarta: Rinaka Cipta

Danarjati, Dwi Prasetia, Dkk. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Defriyanto dan Siti Masitoh. 2016. Pengaruh Assertive Training Terhadap Konsep Diri Pada Peserta Dididk Kelas X di SMKN 5 Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 03, No. 01.

Fahmi, Nasrina Nur. 2016. Jurnal Layanan Konseling Kelompok, Layanan Konseling Kelompok Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK N 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1 Desember.

Firosad, Ahmad Mmasrur. 2019. Peran Guru bimbingan dan Konseling Mengatasi Masalah Kedisiplinan Siswa. Jurnal IAIN Bukittinggi.

Isnaini, Faiqotul dan Muh. Ekhsan Rifai. 2018. Strategi Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Sukoharjo: CV. Sindunata.

Lubis, Edi Kurnanto. 2014. Konseling Kelompok, Bandung: Alfabeta.

Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Moenir. Masalah-Masalah Dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Murywati dan Faridah Ainur Rohmah. 2016. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.2, No. 2, Agustus.

Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter, Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo.

Nopianti, Sandri, Dkk. 2018. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 1 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 5, No. 2.

Novianti, putri, Yumansyah dan Ranni Rahmayanthi. Meningkatkan Kedisipliann Belajar Siswa Dengan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2012-2013. FKIP, Universitas Lampung, Bimbingan Konseling.

Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. (Surabaya:Usaha Nasional)

Oktariyani, Kd Thera, Gd Sedanayasa dan Ni Md Setuti. Penerapan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Assertive Adaptive Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Bagis Siswa Indisipliner Kelas X Boga SMK N 1 Seririt. Jurnal jurusan Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja,Indonesia.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. (Padang:FIP, UNP)

Prayitno.1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta:Ghalia Indonesia.

Rimm, Sylvia.2003. Mendidik Dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Risma, Waode Suarni dan Alber Tigor Arifyanto. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa, Jurnal Bening. Volume 4 Nomor 1.

Salim, Peter. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer, (Jakarta: Modern English Pers)

Septiana, Eka Nur. 2019. Skripsi:Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Analisis Transaksional Untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Di SMPN 8 Bukittinggi. Prodi BK, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: IAIN Bukittinggi.

Siregar, M. Deni. 2012. Pemberian Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan, Jurnal education. Vol. 7, No. 1.

Siregar, Rumaisha Aziza, Dkk. 2018. Penerapan Teknik Assertive Adaptive Di Dalam REBT Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMA N 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 2.

Sugiarto, Ahmad Pujo, Dkk. 2019. Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24, No. 2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukarman, Dkk. 2018. Komparasi Hasil Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Ongklusi Dan Homeschooling. Jurnal education: Journal Of Education Studies. Vol. 3, No. 2, Juli-Desember.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metode Penelitain. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Syofyan, Siregar. 2014. Statistic Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Taufik. 2009. Model-Model Konseling. (Padang: Universitas Negeri Padang)

Taufik. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tohirin. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Tomo Djudin. 2013. Statistik Parametrik Dasar Pemikiran Dan Penerapan Dalam Penelitian. Yogyakarta:Tiara Wacana.

Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grafindo.

Ulfa, Febti Eka dan Joko Sutrisno, Sri Murni. Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Sisiwa Melalui Teknik Assertive Adaptive Pada Siswa Kelas VII SMP N 10 Bandar Lampung Tahun Pelajar 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, STKIP PGRI Bandar Lampung.

Willis, Sofyan S. 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung. Alfabeta

Wita, Destry, Dkk. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Handayani Pekanbaru T.P 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Riau.

Yuni, Revita. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA N 3 Kota Solok. Jurnal Educative: Journal Of Education Studies, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember.

Yuliardi, Ricki, Zuli Nuraeni. 2017. Statistik Penelitian. (Yogyakarta: Ruko JAMBUSARI)

Yusri, Fadhilla. 2015. Instrumentasi Non-Tes Dalam Konseling. Bukittinggi. P3sdm Melati Publishing.

Yusri, Fadhilla dan jasmienti. 2017. Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Remaja Terhadap Perilaku Agresif Siswa Di PKBM Kasih Bundo Kota Bukittinggi.(Journal Of Islamic dan Social Studies Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2017)

Yusri, Fadhilladan Jasmienti. Pemimpin Terapi Realitas Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Bertanggung Jawab Pada Anggota Kelompok. IAIN Bukittinggi.

Yusuf, A. Murni. 2015. Metode Penelitian, Padang: UNP

Yusuf, A.Murni. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan). Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats