Peran guru sebagai pengelola kelas pada home-based learning dalam membentuk sikap disiplin siswa TK

Tia Kartika Araini, Wiputra Cendana

Abstract


Selama kegiatan belajar mengajar di salah satu sekolah swasta, penulis menemukan ketidakdisiplinan siswa TK pada home-based learning. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh keterbatasan interaksi, siswa TK yang masih belum mandiri dan mudah terganggu. Solusi yang dapat dilakukan guru adalah melalui pengelolaan kelas yang disesuaikan dengan konteks pembelajaran dari rumah. Tujuan penulisan ini untuk mengkaji peran guru  sebagai pengelola kelas dalam membentuk sikap disiplin siswa TK pada home-based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil pembahasan menunjukkan bahwa peran guru sebagai pengelola kelas dalam membentuk sikap disiplin siswa TK pada home-based learning adalah mendampingi, membimbing, mengawasi, dan menjadi teladan dalam sikap disiplin kepada siswa melalui kerja sama dengan orang tua yang disertai dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu menggunakan fitur-fitur di microsoft teams. Dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pengelola kelas dapat membantu pembentukan sikap disiplin siswa TK khususnya pada home-based learning.

Keywords


pengelolaan kelas; disiplin

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Auliya, A. F., & Fauziah, P. Y. (2021). Advices for Involving Parents in Children’s Learning Activities from School to Home. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1078.

Brummelen, H. V. (2009). Berjalan dengan Tuhan di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Cangelosi, J. S. (2014). Classroom Management Strategies Gaining and Maintaining Students' Cooperation Seventh Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. Journal of Elementary Education, Volume 04 No 03, 338.

Dakhi, A. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Dwiyono, Y., Harnowo, R., & Ridani, A. (2021). The role of parents in helping online learning during covid-19 in class III students of SDN 014 Samarinda Ulu year 2020/2021. Jurnal Pendas Mahakam, 40.

Effendi, R., & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Media.

Fiana, F. J., Daharnis, & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 27.

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 537.

Francis, D., & Braddy, K. (2013). 3 Roles For Guiding Groups. Nashville: LifeWay Press.

Graham, D. L. (2009). Teaching Redemptively : Bringing Grace and Truth Into Your Classroom. Colorado: Purposeful Design Publications.

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1831.

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. (2021). Information & Communication Technology in Building Children Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1940.

Hendra, V. (2015). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 61.

Knight, G. R. (2009). Filsafat & Pendidikan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press.

Lestari, K., Harun, & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1956.

Manan, Jeti, L., & Adnan. (2021). Influence of Parent Involvement to Children’s Learning Intrest During Corona Virus Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2054.

Manuhutu, M. A. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mini, R. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Monikae, Susanto, H., SIneke, D., Winarwato, P., Purwati, Arumsari, D., & Yuliawati, C. (2021). Kiat-Kiat Pengelolaan Pembelajaran Kelas Online. Palembang: Penerbit Inteligi.

Montez, M. (2014). Effective Toddler Discipline Methods: 6 Proven Strategies to Raise Responsible and Happy Children. Speedy Publishing LLC.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 693.

Nursafala, D. (2021, Januari 13). Peran Penting Guru dan Orang Tua Menanamkan Pendidikan Moral dalam PJJ. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/dewi-nursafala/peran-penting-guru-dan-orang-tua-menanamkan-pendidikan-moral-dalam-pjj-1uyDvA2jZ8e/full

Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.

Rachman, S. A. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam mendukung pembelajaran masa pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Global Education, 89.

Rogers, B. (2011). You Know The Fair Rule Third Edition. Camberwell: ACER Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Rukin. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Solusi. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, Maghfirah, F., Wahyuningsih, T., Wardana, H., . . . Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online:. Fenomena Masa Pandemi Covid-19, 367, 370.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta CV.

Silitonga, B. N., & Zendrato, J. (2020). Buku Belajar Mandiri Guru Efektif Mengelola Kelas. Tangerang: UPH Press.

Siregar, J. (2020). Kerja sama guru dan orangtua dalam mengelola strategi pembelajaran home learning masa pandemi Covid 19 di PAUD Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 245.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 106-107.

Suhendri. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya. Empati Jurnal Bimbingan dan Konseling, 98-105.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 136-137.

Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanto, O. D., Hapidin, & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 342.

Walters, J., & Frei, S. (2007). Managing Classroom Behavior and Discipline. Oceanus Drive Huntington Beach: Shell Education.

Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.

Wilson, M. B. (2015). What Every Kindergarten Teacher Needs to Know. Turner Falls: Center for Responsive Schools, Inc.

Wiyani, N. A. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk MenAnggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Auliya, A. F., & Fauziah, P. Y. (2021). Advices for Involving Parents in Children’s Learning Activities from School to Home. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1078.

Brummelen, H. V. (2009). Berjalan dengan Tuhan di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Cangelosi, J. S. (2014). Classroom Management Strategies Gaining and Maintaining Students' Cooperation Seventh Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. Journal of Elementary Education, Volume 04 No 03, 338.

Dakhi, A. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Dwiyono, Y., Harnowo, R., & Ridani, A. (2021). The role of parents in helping online learning during covid-19 in class III students of SDN 014 Samarinda Ulu year 2020/2021. Jurnal Pendas Mahakam, 40.

Effendi, R., & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Media.

Fiana, F. J., Daharnis, & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 27.

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 537.

Francis, D., & Braddy, K. (2013). 3 Roles For Guiding Groups. Nashville: LifeWay Press.

Graham, D. L. (2009). Teaching Redemptively : Bringing Grace and Truth Into Your Classroom. Colorado: Purposeful Design Publications.

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1831.

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. (2021). Information & Communication Technology in Building Children Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1940.

Hendra, V. (2015). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 61.

Knight, G. R. (2009). Filsafat & Pendidikan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press.

Lestari, K., Harun, & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1956.

Manan, Jeti, L., & Adnan. (2021). Influence of Parent Involvement to Children’s Learning Intrest During Corona Virus Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2054.

Manuhutu, M. A. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mini, R. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Monikae, Susanto, H., SIneke, D., Winarwato, P., Purwati, Arumsari, D., & Yuliawati, C. (2021). Kiat-Kiat Pengelolaan Pembelajaran Kelas Online. Palembang: Penerbit Inteligi.

Montez, M. (2014). Effective Toddler Discipline Methods: 6 Proven Strategies to Raise Responsible and Happy Children. Speedy Publishing LLC.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 693.

Nursafala, D. (2021, Januari 13). Peran Penting Guru dan Orang Tua Menanamkan Pendidikan Moral dalam PJJ. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/dewi-nursafala/peran-penting-guru-dan-orang-tua-menanamkan-pendidikan-moral-dalam-pjj-1uyDvA2jZ8e/full

Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.

Rachman, S. A. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam mendukung pembelajaran masa pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Global Education, 89.

Rogers, B. (2011). You Know The Fair Rule Third Edition. Camberwell: ACER Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Rukin. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Solusi. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, Maghfirah, F., Wahyuningsih, T., Wardana, H., . . . Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online:. Fenomena Masa Pandemi Covid-19, 367, 370.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta CV.

Silitonga, B. N., & Zendrato, J. (2020). Buku Belajar Mandiri Guru Efektif Mengelola Kelas. Tangerang: UPH Press.

Siregar, J. (2020). Kerja sama guru dan orangtua dalam mengelola strategi pembelajaran home learning masa pandemi Covid 19 di PAUD Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 245.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 106-107.

Suhendri. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya. Empati Jurnal Bimbingan dan Konseling, 98-105.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 136-137.

Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanto, O. D., Hapidin, & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 342.

Walters, J., & Frei, S. (2007). Managing Classroom Behavior and Discipline. Oceanus Drive Huntington Beach: Shell Education.

Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.

Wilson, M. B. (2015). What Every Kindergarten Teacher Needs to Know. Turner Falls: Center for Responsive Schools, Inc.

Wiyani, N. A. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jojgakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, D., Solihatun, S., & Oktasari, M. (2021). Profil disiplin belajar serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling siswa sekolah menengah atas. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4570

Wulojo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utay, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 692.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1144.

ciptakan Kelas yang Kondusif. Jojgakarta: Ar-Ruzz Media.

WulanAnggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Auliya, A. F., & Fauziah, P. Y. (2021). Advices for Involving Parents in Children’s Learning Activities from School to Home. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1078.

Brummelen, H. V. (2009). Berjalan dengan Tuhan di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Cangelosi, J. S. (2014). Classroom Management Strategies Gaining and Maintaining Students' Cooperation Seventh Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. Journal of Elementary Education, Volume 04 No 03, 338.

Dakhi, A. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Dwiyono, Y., Harnowo, R., & Ridani, A. (2021). The role of parents in helping online learning during covid-19 in class III students of SDN 014 Samarinda Ulu year 2020/2021. Jurnal Pendas Mahakam, 40.

Effendi, R., & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Media.

Fiana, F. J., Daharnis, & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 27.

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 537.

Francis, D., & Braddy, K. (2013). 3 Roles For Guiding Groups. Nashville: LifeWay Press.

Graham, D. L. (2009). Teaching Redemptively : Bringing Grace and Truth Into Your Classroom. Colorado: Purposeful Design Publications.

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1831.

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. (2021). Information & Communication Technology in Building Children Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1940.

Hendra, V. (2015). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 61.

Knight, G. R. (2009). Filsafat & Pendidikan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press.

Lestari, K., Harun, & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1956.

Manan, Jeti, L., & Adnan. (2021). Influence of Parent Involvement to Children’s Learning Intrest During Corona Virus Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2054.

Manuhutu, M. A. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mini, R. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Monikae, Susanto, H., SIneke, D., Winarwato, P., Purwati, Arumsari, D., & Yuliawati, C. (2021). Kiat-Kiat Pengelolaan Pembelajaran Kelas Online. Palembang: Penerbit Inteligi.

Montez, M. (2014). Effective Toddler Discipline Methods: 6 Proven Strategies to Raise Responsible and Happy Children. Speedy Publishing LLC.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 693.

Nursafala, D. (2021, Januari 13). Peran Penting Guru dan Orang Tua Menanamkan Pendidikan Moral dalam PJJ. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/dewi-nursafala/peran-penting-guru-dan-orang-tua-menanamkan-pendidikan-moral-dalam-pjj-1uyDvA2jZ8e/full

Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.

Rachman, S. A. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam mendukung pembelajaran masa pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Global Education, 89.

Rogers, B. (2011). You Know The Fair Rule Third Edition. Camberwell: ACER Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Rukin. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Solusi. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, Maghfirah, F., Wahyuningsih, T., Wardana, H., . . . Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online:. Fenomena Masa Pandemi Covid-19, 367, 370.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta CV.

Silitonga, B. N., & Zendrato, J. (2020). Buku Belajar Mandiri Guru Efektif Mengelola Kelas. Tangerang: UPH Press.

Siregar, J. (2020). Kerja sama guru dan orangtua dalam mengelola strategi pembelajaran home learning masa pandemi Covid 19 di PAUD Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 245.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 106-107.

Suhendri. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya. Empati Jurnal Bimbingan dan Konseling, 98-105.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 136-137.

Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanto, O. D., Hapidin, & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 342.

Walters, J., & Frei, S. (2007). Managing Classroom Behavior and Discipline. Oceanus Drive Huntington Beach: Shell Education.

Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.

Wilson, M. B. (2015). What Every Kindergarten Teacher Needs to Know. Turner Falls: Center for Responsive Schools, Inc.

Wiyani, N. A. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jojgakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, D., Solihatun, S., & Oktasari, M. (2021). Profil disiplin belajar serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling siswa sekolah menengah atas. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4570

Wulojo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utay, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 692.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1144.

dari, D., Solihatun, S., & Oktasari, M. (2021). Profil disiplin belajar serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling siswa sekolah menengah atas. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4570

Wulojo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utay, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 692.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1144.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats