Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kecerdasan interpersonal siswa SMP 20 Mei Raudlatussa’adah Depok

Ulva Ditami, Cindy Marisa, Kolson H Seok

Abstract


Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami orang dan membina hubungan. Kecerdasan interpersonal dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari agar setiap individu mampu memahami dan membina hubungan dengan sekitar. Layanan bimbingan konseling yang dirasa efektif untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal yaitu layanan penguasaan konten. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari layanan penguasaan konten yang diberikan terhadap kecerdasan interpersonal siswa di smp 20 mei raudlatussa’adah depok. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitaif eksperimen dengan desain penelitian the non-equivalent control design. Selain itu penulis menggunakan pendekatan self directed learning dalam pemberian layanan. Untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan subjek sebanyak 40 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil posttest menunjukan perubahan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan layanan penguasaan konten. Simpulan dari penelitian yaitu adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kecerdasan interpersonal siswa.

Keywords


layanan penguasaan konten; kecerdasan interpersonal

Full Text:

PDF

References


Amitha, A. F. (2016). HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V, V, 139–154.

Aprilia, F. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa SMAN 1 Grobogan, 2(1), 56–63.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian.:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (2014). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aisyah, N., & Badriyyah, Y. (2021). PERANAN MAJELIS TAKLIM AL-MUBAROK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN BAGI REMAJA DI DUSUN MANIS DESA SUKARAJA KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Anggraini, M. G., Asniar, I., & Choiriyati, S. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN PEMBIMBING TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi pada Mahasiswa Fisipol Universitas Muhammadiyah Lampung Angkatan 2017). INTERCODE, 1(2).

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Azmi, A. U., Marisa, C., & Burhanudin, B. (2021). Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 73–80.

Dani, E. (2018). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP KARTIKA (II) BANDAR LAMPUNG, (Ii).

Izdihar, N. F., & Fauziah, N. (2018). HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA POSITIF PADA SISWA SMP H. ISRIATI SEMARANG. undip.

Juniarti, F., Jumiatin, D., & Ariyanto, A. A. (2019). MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH BANDUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1–6.

Marisa, C., & Susiati, S. (2021). MANAJEMEN STRES PADA REMAJA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–68.

Muniroh, S. M. (2013). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6(1).

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Modul Perkuliahan Pdf, Universitas Terbuka.

Najamuddin, N., Idris, R., & Afiif, A. (2015). Pengaruh kecerdasan interpersonal dan taks commiment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 163–176.

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: RajaGrafindo Persada.

Putra, A. R., & Rusli, D. (2021). HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA. Jurnal Riset Psikologi, 2021(2).

Septiana, K. G., & Ikhsan, J. (2017). Pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model PBL terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 43–52.

Susilawati, S., Syukri, M., & Ali, M. (n.d.). PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE PEMBERIANTUGAS KELOMPOK PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6).

Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. Idea Press Yogyakarta.

Utami, D. R., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2018). Komunikasi Interpersonal antara Pembina dan Anak Jalanan dalam Memotivasi di Bidang Pendidikan dan Mengubah Perilaku di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta (Studi pada anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta). Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, Dan Kebijakan, 16(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats