Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja

Aizun Riski Safitri, Dian Mego Anggraini, St. Helmia Mujahida, Muhyatun Muhyatun

Abstract


Pengguna media sosial saat ini didominasi oleh remaja yang kemudian mengalami perubahan kearah perilaku negatif dan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Remaja saat ini sangat mudah untuk mengakses informasi dengan internet secara bebas dan tidak ada batasan, termasuk dengan berbagi konten-konten yang bersifat amoral. Bahkan demi viral di media sosial remaja rela melakukan apapun termasuk dengan membuat konten negative dan berbau asusial. Hal ini merupakan efek dari penggunaan media sosial yang berlebihan dan tanpa kontrol baik dari pemerintah dan orang tua serta peran serta masyarakat. untuk iu pendidikan karakter di sekolah bisa menjadi usaha prefentif perubahan perilaku remaja dalam penggunaan media sosial, karena pendidikan karakter berperan penting dalam mengontrol dan meningkatkan kesadaran remaja dalam menggunakan media sosial.

Keywords


remaja; pendidikan karakter; sekolah

Full Text:

PDF

References


Agus Subagyo. Jurnal Pertahanan April 2015, Volume 5, Nomor 1 “Konsep Cyber War”, dalam https://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/08/29/cyber-law-konsep-cyber-war/,diunduh pada 13 Maret 2015

Andreas M.; Michael Haenlein (2010) Users of the world, united The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53(1): 59–68

Azra, Azyumardi. ParadigmaBaru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas. 2002. H.6.

Doni Kusuma A. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatane-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 2, 12-15.

Melfianora. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Studi Litelatur, 1–3.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosio teknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media

Sabar Budi Raharjo, Pendidikan Karakter Sebagai Upaya MenciptakanAkhlak Mulia, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.16, No.3, Mei 2010, h.232.

Sundawa, Yusti Amelia dan Wulan Trigartanti. Fenomena Content Creator di Era Digital; Volume 4, No. 2, Tahun 2018, ISSN: 2460-6510

Tilaar, H.A.R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, dalam Perspektif Abad 21. Jakarta: Penerbit Tera Indonesia.

Undang-undang No. 20 pasal 3 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, D. E. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA.

Zahid, Gulnaz. (2015). Globalization, nationalization and rationalization. Procedia - Social and Behavioral Sciences. (174): 109 – 114.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats