Hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa SMPN 253 Jakarta

Adeliya Noviyanti, Miskanik Miskanik, T Sunarto

Abstract


siswa di sekolah diharapkan mampu menjalin interaksi sosial yang positif dan dinamis dengan seluruh warga sekolah. Kenyataanya masih terdapat siswa yang belum mampu berinteraksi sosial secara optimal. Konsep diri ditengarai berhubungan dengan keadaan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa SMPN 253 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada siswa. Sampel  dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa SMPN 253 Jakarta.

Keywords


konsep diri; interaksi sosial

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Dian. (2016). “Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri Se-kecamatan Mergangsang”. (Skripsi). Sekolah Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anwar, F. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Psikologi. 13(25)

Arum, Retna Anindita dan Hermien Laksmiwati. (2015). Hubungan antara Konsep Diri dan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi. 3(2).

Folastri, Sisca dan Wahyu Eka Prasetyaningtyas. (2017). Gambaran Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sumbangsih Jakarta Selatan. Terapeutik: Jurnal bimbingan dan konseling. 1(1), hlm 33-40.

Miraningsih, Wahyu. (2013). “Hubungan antara Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan perilaku Reproduksi Sehat pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo”. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

Riansyah, Hafit dan Wulandari. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Teraputik: jurnal bmbingan dan konseling. 1(1) hlm 47-52.

Sarwono, Sarlito W dan Eko A. Meinarno. (2015). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 26. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.4969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats