Hubungan Tingkat Stres Orangtua Terhadap Emosional Anak Pada Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 di MTS. Ar-Rahman Ciracas

Della Novita Sari, Christine Masada Hirashita Tobing, Sara Sahrazad

Abstract


Hampir 2 tahun siswa belajar dari rumah akibat pandemi covid-19. Dengan rentang waktu tersebut dapat dilihat di lapangan bahwa tidak sedikit kesabaran orangtua diuji dalam mendampingi anak belajar online. Dengan tingkat emosional anak yang juga masih labil di usia remaja maka dikhawatirkan jika orangtua tidak bisa mengendalikan stres dan emosinya akan berdampak pada emosional anak pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara stres yang dialami orangtua terhadap emosional anak di MTs. Ar-Rahman Ciracas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan survei. Sampel yang diambil sejumlah 44 siswa kelas VIII dari jumlah keseluruhan populasi 204 orang di MTs. Ar-Rahman Ciracas. Pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dokumentasi, serta analisa data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres orangtua terhadap emosional anak pada pembelajaran online masa pandemi covid-19 di MTs. Ar-Rahman Ciracas dengan koefisien korelasi sebesar 0,458.

Keywords


stres; emosional anak; belajar online

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator http://doi.org/10.24258/jba.v16i2.68

Ahidin, U. (2020). Covid-19 dan Work From Home. Deserta Muliavisitama. Google Scholar.

Arnesi, Novita dan Abdul Hamid K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggis. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. SMA Negeri 1 Dolok Merawan dan Universitas Negeri Medan.

Azmi, Nurul. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Pengembangannya. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 24 Kota Pontianak.

Barseli, Mufadhal dkk. (2017). Konsep Dasar Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET).

Dahlan, M. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daradjat, Zakiah. (2016). Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Emeralda, Nadya Gina & Ika Febrian Kristiana. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Fatimah, Rina dkk. (2020). Tekanan Ekonomi, Interaksi Orang Tua-Remaja, dan Perkembangan Sosial Emosi Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling. IPB University of Bogor.

Fitriana, S Onny, dkk. (2020). Identifikasi Kekerasan Terhadap Anak Selama Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Haerudin, H, dkk. (2020). Peran Orangtua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Statistika Inferensial.

Handayani, Puji Gusri & Hafiz Hidayat. (2017). Pentingnya Pelaksanaan Home Visit oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Proceedings: Jambore Konselor. Universitas Negeri Padang.

Hardianto, Eko. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMPN Satap 1 Ladongi. Program Studi Pendidikan Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Huzaimah, Pipip Zulfa & Risma Amelia. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. IKIP Siliwangi Cimahi Jawa Barat.

Kusuma, Wening Sekar & Panggung Sutapa. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lutfiah, S.,Z. (2020). Persepsi Orangtua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Daelektik.

Mastoah, Imas & Zulaela MS. (2020). Kendala Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid-19 di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Mukti, Ghifari Andini, dkk. (2020). Dampak Sosial Emosional Remaja Selama Sosial Distancing: Literature Review. Universitas Indonesia.

Muslim, Moh. (2020). Manajemen Stres pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis. Institut Bisnis Nusantara.

Permenkes No. 9, PMK No. 9, BN. 2020/No. 3269 (2020). https://doi.org/10.4324/9781003060918-2.

Prayitno & Amti E. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, Diajeng Retno Kinanti & Najlatun Naqiyah. (2015). Pengembangan Aplikasi Need Assesment “Konselor Sekolah” Berbasis Android dalam Upaya Pengintegrasian Kebutuhan Siswa di SMK Negeri Tutur Pasuruan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah (Dampak Pandemi Covid-19). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Islam Riau.

Sari, Ria Puspita, dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Sejati, Yasa Griya, dkk. (2020). Menjaga Stabilitas Mental Anak di Masa Pandemi Covid-19 melalui Aktivitas Bincang Asyik. Jurnal Golden Age. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Syah, R.H. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age.

Terzian, M., dkk. (2011). What Works to Prevent or Reduce Internalizing problems or socio-emotional difficulties in adolescents: Lessons From Experimental Evaluations of Social Interventions. Child Trends. http://www.childtrends.org/wp-content/uploads/2013/06/2011-34DUPWhatWorksSocio-Emotional.pdf

Uminingsih. (2016). Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 004 Bontang. Cendikia. Bontang Utara.

Utami, Etika Widi. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Wahidah, Nurul, dkk. (2019). Peran Dan Aplikasi Assesment dalam Bimbingan dan Konseling. IKIP Siliwangi.

Wardani, Anita & Yulia Ayriza. (2021). Analisis Kendala Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, H & Purwanta E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yulianingsih, W, dkk. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yuliasari, Sheylla Bryan. (2017). Hubungan Antara Pertemanan dan Dukungan Sosial Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.4708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats