Kontribusi layanan informasi dalam mencegah perilaku bullying pada siswa

Hani Fitri Ashari, Sri Utami, Widodo Widodo

Abstract


Jumlah kejadian bullying pada siswa meningkat dari tahun ke tahun. Komisi Perlindungan Anak Indonesia mencatat dalam kurun waktu 9 tahun dari 2011 sampai 2019, ada 37.381 pengaduan kekerasan terhadap anak, untuk bullying baik di pendidikan maupun sosial media, angkanya mencapai 2.473 laporan dan trennya terus meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi sejauh mana kontribusi layanan informasi terhadap upaya pencegahan tindak bullying pada siswa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan mempergunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap upaya pencegahan tindak bullying pada siswa.

Keywords


layanan informasi; perilaku bullying

Full Text:

PDF

References


Akdon, Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chakrawati, Fitria. (2015). Bullying Siapa Takut? Solo: Tiga Serangkai.

Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari PraSekolah Hingga SMU. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Gunawan, Yusuf. (2001). Pengantar Bimbingan dan Konseling: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Prenhallindo.

Habsari, Sri. (2005). Bimbingan & Konseling SMA Kelas XI. Jakarta: Grasindo.

Kasiram, Moh. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Ken, Rigby. (2008). Children And Bullying How Parents And Educators Can Reduce Bullying at School. Blackwell Publishing.

Lahmuddin. (2010). Konsep-Konsep Dasar Bimbingan Konseling. Medan: IAIN PRESS.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsudi, S. dkk. (2010). Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mirnayenti, Syahniar, & Alizamar. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Miningkatkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik (Penelitian Eksperimen Kuasi Pretest-Posttest peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang dan SMPN 12 Padang). Jurnal Penelitian Universitas Negeri Padang. Vol. 4, No. 2, 84-91.

Moleong J.Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyadi, S. dkk. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Pranedamedia Group.

Pemerintah Indonesia. (2002). Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 9. Jakarta: Sekertariat Negara.

________. (2002). Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 54. Jakarta : Sekertariat Negara.

Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam Bullying 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Prayitno & Amti, Erman. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konsseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Priyatna, Andri. (2010). Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Purwoko, Budi. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Author, A. A. (yyyy). Title of dissertation in italics and sentence-style capitalization (Doctoral dissertation). Name of Institution, Location. Retrieved from http://www.xxx

Maspuroh, Siti. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII Di MTS Negeri 2 Bandar Lampung (Skripsi). Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Raden Intan, Lampung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, (2001). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (2011). Pengantar Statistik untuk Pendidikan dan Psikologi. Yogyakarta: USD.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Winkel W.S, & Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Wiyani, Ardy. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogyakarta :Ar-Ruzz Media.

Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: Masalah tersembunyi dalam dunia Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

Zakiyah, Ela Zain, dkk. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. FISIP Universitas Padjadjaran. Vol. 4, No. 2, 129-389.




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats